10 Rekomedasi MV Animasi Keren dari Para Musisi dan Band di Tahun 2020

Selasa, 18 Agustus 2020 | 18:15
Bandwagon

Video klip animasi tahun 2020

HAI-Online.com - Tahun 2020 memang nggak sepenuhnya buruk dan nggak asik.

Terlepas dari adanya wabah covid-19 yang melanda sejak awal tahun, 2020 juga nyatanya menjadi tahun dirilisnya beragam karya musik baru dari sejumlah musisi dan band baik lokal maupun mancanegara.

Dan nggak cuma lagu baru, kegaiatan di rumah aja tampak membuat mereka muncul dengan cara baru untuk menghadikan versi visualdari single terbaru mereka, yang mana kini banyak bermunculan mv dengan format animasi.

Baca Juga: Sementara Bioskop Tutup, Manoj Punjabi Bakal Putar Film Lokal Baru Tiap Sabtu di Disney+ Hotstar

Menurut pengamatan HAI, ada 20 lebih video klip berformat animasi yang rilis di tahun 2020.

Dan HAI udah pilih 10 di antaranya yang recommended banget buat kalian tonton di YouTube maupun platform digital lain.

1. Billie Eilish - My Future

Billie Eilish merilis single pertamanya di tahun 2020 pada akhir Juli lalu, yang mana menjadi kali pertama ia mengemas mv-nya dalam bentuk animasi.

Meraih 40 juta views di YouTube dalam rentang sepekan setelah rilis, animasi dalam mv 'My Future' kerap dibandingkan oleh fans dengan hasil karya studio animasi ternama Jepang, Studio Ghibli.

2. Lady Gaga & Blackpink - Sour Candy

Tak lama sebelum comeback, Blackpink terlibat di single kolaborasi pada album 'Chromatica' Lady Gaga, yakni di lagu berjudul 'Sour Candy'.

Video klip liriknya menampilkan Blackpink dan Lady Gaga versi animasi dengan masing-masing punya lanskap warna berbeda, di mana Jennie dengan warna biru, Lisa dengan warna kuning, Rosé dengan warna merah, Jisoo dengan warna ungu dan Lady Gaga dengan warna pink.

Baca Juga: Lagu Baru Rich Brian Di-notice Honne, Para Fans: Collab, dong!

3. Honne - No Song Without You

Selama beberapa bulan ini, duo elektronik Honne merilis serangkaian video animasi dari mixtape baru mereka di lagu No Song Without You.

Gaya visual yang lembut dan tenang digunakan dengan bantuan ilustrator dan animator Holly Warburton, memberikan kelembutan pada video yang menyelimuti lagu sendu nan romantis ini.

4. A Day To Remember - Mindreader

Nggak seperti sebelumnya, video klip ADTR untuk 'Mindreader' mengusung konsep yang terbilang baru dengan menampilkan para personel ADTR dalam wujud animasi.

Baca Juga: Debut Akting, Jisoo Blackpink Bakal Jadi Pemeran Utama di Drama Korea Snowdrop

5. Last Child - Ketidakrelaanku

Last Child menepis isu bandnya bubar dengan merilis single beru berjudul 'Ketidakrelaanku'.

Berbeda juga dari kebiasaan mereka sebelumnya, Virgoun dkk. merilis mv single ini dalam format video klip.

6. Asking Alexandria - Down To Hell

Band asal Britanian Raya tersebut memilih lagu berjudul "Down to Hell" untuk single ketiga dari album "Like a House on Fire".

Klip dari single yang masih kental sepenuhnya dengan alunan post-hardcore itu turut mengusung animasi yang groovy namun mencekam yang turut disertai lirik lagu.

Baca Juga: Bukan Cuma Penggemar Jadi Pacar, Rich Brian Punya Kisah dengan Fans Cowok yang Masuk ke Rumahnya Bawain Bakmi

7. Gorilaz -Aries

Jika ada satu band kartun yang kita kenal, itu pasti adalah Gorillaz.

Dalam mv 'Aries', single ketiga dari EP tahun 2020 'Song Machine', versi kartun Damon Albarn dkk. menampilkan karakter baru, yakni versi animasi dari bassist Joy Divison dan New Order, Peter Hook, yang turut terlibat meracik lagu tersebut.

8. The 1975 - The Birthday Party

Kental dengan nuansa khas meme, mv 'The Birtday Party' dari The 1975 dibuat dalam bentuk ala gim virtual reality di mana penonton akan melihat sekilas seluruh band sebagai avatar, bersama hasil sinematik lainnya.

9. The Strokes - Ode To The Mets

Usai merilis video animasi dengan vibe 80's dalam 'At The Door', The Stroke muncul kembali dengan format serupa melalui video klip 'Ode To The Mets'.

Digarap oleh delapan animator, mv ini menyajikan visualisasi yang seakan membawa penonton melintasi ruang dan waktu, seperti zaman prasejarah, gimnasium sekolah menengah yang kosong, dan lanskap apokaliptik.

10. Stephanie Poetri - Straight To You

Nggak bisa melanjutkan proses syuting mv karena virus corona, penyanyi 88rising berdarah Amerika-Indonesia, Stepahanie Poetri menyajikan mv dari single 'Staright To You' dalam konsep yang unik dan menggemaskan.

Video klip terseut mengambil konsep layaknya grafis piksel video gim survival tempo dulu.(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya