Impresi Pertama Samsung Galaxy Note 20 Ultra: Penebus Kekurangan Masa Lalu

Sabtu, 08 Agustus 2020 | 13:30
Dok. HAI

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

HAI-ONLINE.COM- Saat pertama kali diperkenalkan di acara Galaxy Unpacked beberapa hari lalu, kemunculan Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra mengejutkan dunia.

Pertama, karena Galaxy Note 20 menggunakan polycarbonate ketimbang kaca sebagai bahan punggungnya. Kedua, kekuatan dari Galaxy Note 20 Ultra.

Meskipun menggunakan polycarbonate, Samsung berhasil membuat Note 20 memiliki NFC dan bisa melakukan pengisian nirkabel. Dengan bahan itu juga, Note 20 diklaim lebih kuat.

Untuk Galaxy Note 20 Ultra. Mungkin pada pandangan pertama kita akan tertuju pada setup kameranya yang besar dan kurang keren. Sejujurnya, HAI juga nggak terlalu suka dengan bentuk yang seperti ini.

Namun setelah dicoba-coba, dibalik setup yang agak kurang enak dipandang itu, ada peningkatan yang sangat baik dilakukan oleh Samsung.

Dok. HAI

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Baca Juga: Situs Linkin Park Error, Tiba-tiba Berubah Jadi Seperti Tahun 2000. Ada apa?

Ada kekurangan dalam kelebihan dari Galaxy S20 Ultra yang diperbaiki di sini. Pertama, adanya laser auto-focus dan kedua, memutuskan hanya bisa zoom hingga 50x.

Well, sebenarnya nggak ada yang salah dengan 100x space zoom dari Galaxy S20 Ultra. Namun jika diperhatikan, ketika melebihi 50x zoom, gambar mulai sangat pecah dan terasa nggak cocok untuk dipamerkan.

Dok. HAI

Pilihan perekaman video Galaxy Note 20 Ultra

Selain menambal kekurangan, ada penambahan fitur keren dari sektor kamera Galaxy Note 20 Ultra. Di ponsel ini, kita sudah bisa merekam video 8K di 24FPSdanmerekam video Full HD mencapai 120FPS.

Fitur kedua yang keren banget adalah mode Pro Video yang bisa membuat kita menentukan micorphone mana yang digunakan untuk merekam.

Ada 5 pilihan sumber; Omni, Front, Rear, USB, dan Bluetooth. Omni akan merekam suara dari segala sisi, Front hanya akan merekam suara dari micorphone depan layar, Rear dari belakang layar, USB hanya merekam suara dari earphone dan Bluetooth merekam suara dari earphone bluetooth atau TWS.

Dok. HAI

Fitur Pro Mode Galaxy Note 20 Ultra

Jadi kerennya tuh. Jika kamu menggunkaan mode Bluetooth, suara yang akan masuk ke dalam device hanya dari TWS saja. Semua microphone di ponsel akan mati total. Cocok banget untuk bikin video interview.

Baca Juga: Situs Linkin Park Error, Tiba-tiba Berubah Jadi Seperti Tahun 2000. Ada apa?

Selain kameranya, Samsung juga meningkatkan kinerja S Pen dan Galaxy Dex pada Galaxy Note 20 Ultra. Saat ini, tingkat kecepatan membaca S Pen mencapai 9 ms. Jadi ketika menulis atau menggambar dengan S Pen, kamu nggak akan lagi merasakan delay antara stylus dan respon di layar.

Untuk Galaxy Dex. Dari sejak diluncurkan pertama kali, software besutan Samsung ini memang selalu berkembang dari tahun ke tahun.

Mulai pertama kali diperkenalkan pada era Note 8 di mana harus menggunakan dock khusus, lalu masuk ke era Note 10 sudah bisa melalui kabel USB type c aja dan kini, pada Note 20 dan Note 20 Ultra, tanpa kabel alias wireless.

Dok. HAI

Demonstrasi Galaxy Dex wireless

Namun dengan catatan, hanya bisa disambungkan dengan smartTV yang memiliki miracast saja.

Peningkatan selanjutnya yang dilakukan Samsung adalah menghadirkan fitur "adaptive high refresh rate" di mana berfungsi untuk menyesuaikan refresh rate layar dengan kegiatan yang dilakukan pengguna.

Kalau sebelumnya pada seri Galaxy S20 kita hanya bisa memilih antara 60Hz dan 120Hz. Kini Galaxy Note 20 Ultra lah yang akan memilih dengan sendirinya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Dengan adanya fitur ini, efisiensi tenaga jadi semakin tinggi dan ponsel pun akan semakin hemat daya.

Baca Juga: Billie Joe Armstrong Nggak Nyangka Lagu Ini Ternyata Disukai Fans Green Day

Kesimpulan

Dok. HAI

Samsung Galaxy Note 20 Ultra

Menurut HAI, apa yang Samsung hadirkan saat ini adalah mahakarya untuk menebus kesalahan-kesalahan di masa lalu sekalipun itu kekurangan yang sangat kecil.

Awalnya mungkin kehadiran Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra ini terasa seperti kelahiran Galaxy Note 9 yang mengecewakan banyak orang karena hanya membawa sedikit perubahan dari generasi sebelumnya.

Namun ketika dikenalan lebih dalam. Samsung ternyata menyembunyikan semua kekuatan dari dua lini terbaru Galaxy Note ini di dalam tempurung kaca yang dilindungi Corning Gorilla Glass.

Akhir kata, Galaxy Note 20 Ultra ini memang bukan untuk semua orang. Namun melainkan fans garis keras seri Galaxy Note atau mereka yang ingin punya ponsel dengan kapasitas dan kapabilitas yang besar.

Namun untuk orang yang sudah punya Galaxy S20 Series, kayaknya ponsel ini nggak akan terlihat semegah itu perubahannya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya