Mau Hormon Testosteron Cowok Nambah? Ini 7 Makanan yang Wajid Dikonsumsi

Sabtu, 20 Juni 2020 | 17:52
doktersehat.com

makanan yang bisa tingkatkan hormon testosteren

Hai-Online.com -Makanan penambah hormon testosteron ternyata macem-macem lho sob, dan itu nggak sulit ditemui di sekelilingmu.

Untuk cowok, hormon testosteron penting banget. Nggak cuman tingkatkan gairah seks atau libido aja, tapi juga bisa dukung kesehatan otot dan tulang, produksi sperma, sampe pertumbuhan rambut.

Bagi yang punya kadar hormon testosteron rendah, wajib tahu makanan penambah hormon testosteron. Seiring bertambahnya usia, kadar hormon testosteron untuk cowok bakal menurun sekitar 1% setiap tahunnya.

Baca Juga: Makan Malam Lebih Awal Bisa Buktikan Lebih Baik untuk Kesehatan, Ini Kata Ahlinya

Tapi, hal ini juga bisa terjadi di cowok yang masih menginjak usia muda. Biasanya, hal ini disebabkan sama beberapa metode pengobatan (kemoterapi untuk menangani kanker sampe terapi radiasi), obesitas, HIV/AIDS, sampai cedera kepala.Kalo hal-hal di atas terjadi, beberapa makanan penambah hormon testosteron di bawah ini, bisa lo konsumsi:

1. Jahe

halodoc.com

Jahe

Selama berabad-abad lamanya, jahe dipake sebagai obat alami untuk atasi berbagai penyakit. Bahkan, jahe juga jadi makanan penambah hormon testosteron. Pada sebuah penelitian, jahe terbukti mampu meningkatkan kadar hormon testosteron hingga 17,7% pada 75 cowok yang punya masalah kesuburan.

Baca Juga: Topping Manis Udah Biasa, Kedai Ini Masukin Pete di Es Krim Buatan Mereka

Dalam jangka waktu 3 bulan aja, jahe bisa tingkatkan jumlah hormon testosteron sebanyak itu. Penelitian pada hewan uji membuktikan, jahe juga mampu meningkatkan kadar hormon testosteron dan antioksidan pada tikus pengidap diabetes, hanya dalam 30 hari.

2. Tuna

Nusantara Maritime News

Ikan Tuna

Tuna adalah ikan yang punya kandungan vitamin D tinggi. Karenanya, dengan mengonsumsi ikan tuna, kesehatan hormon testosteron di cowok makin terjaga. Ikan yang kaya protein ini juga rendah kalori.

Entah ikan tuna yang udah dikemas dalam kaleng atau yang masih segar, mengonsumsinya bisa tingkatkan kadar hormon testosteron pada tubuh. Satu porsi ikan tuna bisa penuhi kebutuhan vitamin D harianmu.

Kalo lo nggak suka ikan tuna, ikan sarden atau salmon juga kaya akan vitamin D.

Baca Juga: Jadi Dambaan Wanita, Ini 12 Cara Mengubah Diri dari Cowok Biasa Menjadi Pria Alfa yang Keren Total

Akan tetapi, jangan konsumsi ikan-ikanan ini berlebihan; dua atau tiga porsi seminggu aja, udah lebih dari cukup.

Sebab, makanan laut berpotensi mengandung merkuri yang berbahaya untuk tubuh manusia.

3. Tiram

kompasiana

Tiram

Tiram mengandung lebih banyak zinc (seng) dibandingkan makanan lainnya. Kandungan zinc sangatlah penting untuk kesehatan sperma dan fungsi reproduksi cowok.

Kalo kekurangan zinc, maka tubuh berpotensi mengalami hipogodanisme (kondisi yang bikin tubuh cowok nggak menghasilkan cukup testosteron).

Bahkan, teradapat risiko impotensi, kalo kekurangan zinc. Makanan seperti daging, unggas, hingga kacang polong merupakan makanan lain yang mengandung zinc, dan bisa kita konsumsi.

Baca Juga: Hidup Pria Ini Sengsara Usai Kena Modus Teror Baru: Dikirimin Pizza Gratis Selama Hampir Satu Dasawarsa4. Susu rendah lemak

Susu rendah lemak yang kaya vitamin D, sangat dibutuhkan sama cowok, cewek, dan juga anak-anak. Sebab, susu rendah lemak ini mengandung protein dan kalsium, yang sangat penting untuk kesehatan tulang.

Selain itu, kadar vitamin D yang terkandung di dalamnya, bikin susu rendah lemak jadi makananpenambah hormon testosteronyang sangat baik untuk cowok.

5. Buah Delima

tribunnews.com

Buah delima atau Pomegranete

Buah delima adalah simbol kesuburan dan fungsi seksual yang udah dikonsumsi sejak zaman dulu sob. Kadar antioksidannya bisa ningkatin kesehatan jantung dan pengontrol stres di pikiran.

Di tahun 2012, sebuah studi membuktikan kalo buah delima bisa tingkatkan kadar testosteron untuk cowok atau cewek. Seenggaknya, sekitar 60 partisipan yang sehat, mengonsumsi jus buah delima selama dua minggu.

Para peneliti kemudian memeriksa kadar testosteron pada air liur mereka, sebanyak 3 kali dalam sehari. Di akhir penelitian, buah delima terbukti bisa tingkatkan kadar testosteron sebanyak 24% di cowok atau cewek.

Nggak cuman itu, jadi makanan penambah hormon testosteron, buah delima juga bisa meningkatkan suasana hati dan tekanan darah.

Baca Juga: Resep Jitu Panjang Umur dari Pria Berusia 256 Tahun yang Punya Keturunan 200 Anak

6. Sayuran yang daunnya hijauKalo aktif olahraga, tapi kadar hormon testosteron dalam tubuh masih rendah, sebaiknya lo makan sayuran berdaun hijau.

Sayuran seperti bayam, sangat kaya magnesium, yang bisa tingkatkan kadar testosteron di dalam tubuh.Sebuah penelitian melibatkan dua grup responden, berisikan orang-orang yang aktif berolahraga, dan mereka yang nggak. Kedua kelompok tersebut sama-sama ngalamin peningkatan kadar hormon testosteron, tapi jumlahnya lebih tinggi pada mereka yang aktif berolahraga.

Maka dari itu, selain mengonsumsi makanan penambah hormon testosteron, mari mulai lebih sering aktif dan berolahraga, agar kesehatan hormon testosteron tetap terjaga.Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "7 Makanan Penambah Hormon Testosteron untuk Pria"

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya