Obat Luka di Indonesia Ini Diklaim 99% Ampuh Bunuh Virus Corona, Ahli Beri Penjelasan

Rabu, 17 Juni 2020 | 18:00
via Tribunnews

Ilustrasi obat luka

HAI-Online.com -Beberapa waktu belakangan, pengguna media sosial tengah ramai membicarakan cairan dengan kandungan antiseptik Povidone-iodine yang disebut ampuh untuk membunuh virus penyebab Covid-19, Sars-CoV-2.

Dalam postingan yang dibagikan oleh akun Instagram @infia_fact, disebutkan bahwa antiseptikPovidone-iodine tersebut terkandung dalam obat luka yang beredar di tanah air, Betadine.

"Antiseptik Povidone-Iodine yang kita kenal dengan Betadin di Indonesia, terbukti efektif membunuh 99.99% virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dalam waktu 30 detik," tulis @infia_fact.

Mengomentari hal yang tengah menjadi bahan perbincangan tersebut, Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH memberikan penjelasannya.

Baca Juga: Viral Foto Ular Dengan Bentuk Perut Aneh, Diduga Habis Menelan Senapan AK-47

Seperti dilansir dari Kompas.com, Panji membenarkan kemampuan Betadine untuk membunuh virus karena kandungan Providone-iodin di dalamnya bersifat sebagai antiseptik.

Hal ini sendiri terjadi karena Providone-iodin merupakan zat antimikroba yang mampu membunuh bakteri, jamur, protozoa, dan virus.

"Jadi virus itu tidak bertahan lama kalau terpapar zat-zat antiseptik," terangnya ketika dimintai keterangan pada Selasa (16/6) kemarin.

Meskipun begitu, untuk temuan bahwa Providone-iodin dapat membunuh virus corona, saat ini masih berdasar studiin vitro yang berarti masih dilakukan pada tabung percobaan, bukan makhluk hidup.

Selain itu, walau Povidone-iodine dalam obat tersebut ampuh untuk membunuh virus, bukan berarti dapat dikonsumsi sebagai minuman karena cairan antiseptik hanya dapat digunakan sebagai obat luar.

Baca Juga: Cari Orang-orang Hilang, Otoritas Australia Pajang Foto Wajah Mereka di Botol Susu

"Jangan diartikan sebagai penggunaan untuk diminum, kalaupun dikumur-kumur okelah, karena membunuh virus di rongga mulut," jelasnya menambahkan.

Menurut Panji, saat ini yang dinilai lebih ampuh untuk memutus rantai penyebaran virus corona adalah dengan cara menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Masyarakat perlu tetap rajin mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir, menggunakan masker, pelindung wajah, dan menjaga jarak.

Di sisi lain, melakukan pembersihan permukaan benda dengan disinfektan yang memang secara tidak langsung ampuh mencegah penularan. (*)

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Kabar Viral Povidone-Iodine Obat Luka Ampuh Bunuh Virus Corona, Ini Kata Ahli".

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya