Nggak Suka Pake Baju Ketat, Billie Eilish Klaim Tetap Kena Body Shaming

Minggu, 31 Mei 2020 | 06:45

Nggak Suka Pake Baju Ketat, Billie Eilish Klaim Tetap Kena Body Shaming

HAI-Online.com- Buat kalian yang belum nyaman sama diri sendiri, dan selalu berusaha menampilkan apa yang diinginkan orang lain, kayaknya coba simak dulu deh video pendek buatan penyanyi muda, Billie Eilish.
Belum lama ini, pelantun "Ocean Eyes" itu telah membuat banyak orang melihat pemikirannya soal cara pandangmenghadapi orang-orang yang suka mengejek penampilan atau bentuk tubuh seseorang alias Body Shaming.
Neng Eilish sampai mengaku, meski dia nggak pakai baju ketat, ada aja yang nggak suka dan melontarkan kalimat "jahat" yang menyinggung perasaannya.
Baca Juga: Taylor Swift Tuai Pujian Berkat Aktivismenya Di Industri Musik
Karenanya, pemenang lima piala Grammy itu meluncurkan film pendeknya berjudul "Not My Responsibility."

Film berdurasi 3 menit 41 detik ini diposting ke chanel YouTube Billie EilishpadaSelasa (26/5/2020) dan sampai Minggu (31/5/2020) sudah ditonton lebih dari 14 juta kali.

Dalam deskripsinya,film pendekini dibuat dan diproduseri dan dibuat Billie Eilish. Buat uang ngikutin konsernya, dia sempat juga memperlihatkan karyanya ini di pembukaan tur dunia "Where Do We Go?" di Miami.

Di video, Billie tampak membuka jaketnya kemudian memperlihatkan bagian tubuh atas yang menggunkan tank top.
Ada juga narasi yang dibacakan olehnya, berisi tentang bagaimana persepsi, komentar, dan mungkin celaan yang menyangkut tubuhnya.

Billie memang pernah mengungkapkan bahwa alasan utamanya mengenakan pakaian longgar, misalnya kaos berukuran besar atau jaket adalah agar dia tidak mengalamibody shamingdan memghindari fokus orang terhadap penampilannya.

Dia merasa risih ketika orang lain memandangi tubuhnya yang berisi, dan lelah mendengar komentar orang lain tentang tubuhnya.

"Apakah kau mengenalku? Benar-benar mengenalku? Kau punya pendapat tentang opini-opiniku, tentang musikku, tentang pakaianku, tentang tubuhku," kata Billie di awal filmnya.

Baca Juga: Film 'Led Zeppelin: Celebration Day' Akan Tayang Di YouTube Hari Ini!

"Sebagian orang benci apa yang kupakai, sebagian orang memujinya. Sebagian orang menggunakannya untuk mempermalukan orang lain. Sebagian orang menggunakannya untuk mempermalukanku," imbuhnya.

Kemudian, Billie mengatakan jika dia merasa orang selalu memperhatikan tubuhnya, dan dia tidak bisa menghindar untuk menjadi seolah tidak terlihat.

Tapi di sisi lain dia menyadari jika dia tidak akan bisa berkembang jika terus memikirkan opini atau pendapat orang lain.

"Apakau kau ingin aku lebih kecil? Lebih lemah? Lebih lembut? Lebih tinggi? Apakah kau ingin aku untuk diam? Apakah bahuku memancingmu? Apakah dadaku? Perutku? Pinggulku?" tanyanya dalam video.

Adapula bagian di mana Billie mengisyaratkan bahwa dia tetap menjadi korbanbody shaming, meskipun dia tidak mengenakan pakaian ketat, mini, maupun transparan.
"Walaupun kau tidak melihat tubuhku, kau tetap menghakiminya dan menghakimiku untuk itu. Mengapa?" katanya.
Billie menyudahifilm pendekini dengan ungkapan mendalam, bahwa pendapat orang lain bukanlah tanggung jawabnya, sehingga tak perlu dihiraukan.
"Apakah nilai (dalam diri) ku hanya berdasarkan persepsimu atau pendapatmu tentangku? Bukan tanggung jawabku," tutupnya.(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya