Gampang Banget, Ini 5 Cara Agar Uang THR Lebaran Nggak Langsung Habis

Senin, 25 Mei 2020 | 13:00
Pixabay

Tips menabung uang lebaran

HAI-ONLINE.COM- Hari Raya Idul Fitri di Indonesia dikenal sebagai ajang berkumpulnya keluarga besar dan yang paling ditunggu adalah bagi-bagi uang lebaran.

Uang lebaran sendiri biasanya dibagikan sama orang tua, tante, kakek nenek atau sekarang kamu sudah punya pekerjaan, yang artinya kamu harus memberikan saudara-saudaramu. hihi.

Untuk kamu yang masih menerima uang lebaran, ada baiknya ditabung agar nggak langsung habis sob.

Karena HAI paham banget nih, pasti ketika punya uang dalam jumlah yang besar, kita langsung merasa ingin menghabiskannya. Padahal bisa kita tabung untuk membeli sesuatu yang lebih kita inginkan.

Gimana cara menahan nafsu itu? Gampang banget sob, cuma cukup ikuti 5 cara mudah ini kok. Simak deh caranya!

1. Segera Menabung Uang Lebaran

Pertama-tama yang harus kamu lakukan saat mendapatkan uang lebaran adalah mengingat kalaukamuingin menabungnya.

Kalau ada barang yang inginkamu beli, sebisa mungkin jangan habiskan uang lebaran yang kamu miliki. Lebih baik dipisahkan terlebih dahulu.

Jadi sebagian uang langsung dimasukkan ke dalam tabungan di rumah, dan yang sebagian lagi bisakamumanfaatkan untuk membeli benda yang kamu butuhkan.

Yang terpenting, selalu ingat untuk memisahkan terlebih dahulu jumlah uang yangkamu ingin tabung, ya. Ini akan mencegahkamu kembali memakai uang tersebut.

Berapa jumlah yang harus ditabung? Itu tergantung pada tujuanmu. Yang terpenting harus ingat kalau uang yang masuk ke dalam tabungan nggak digunakan untuk hal lainnya. Lebih banyak jumlah uang yang ditabung tentu lebih baik, bukan?

2. Memikirkan Matang-Matang Barang yang Ingin Dibeli

Jikakamu berencana menggunakan uang lebaran, coba buat daftar benda apa saja yangingin kamu beli.

Nah, dari daftar itukamu bisa memisahkan lagi barang apa saja yangkamu butuhkan, atau melihat lagi benda apa saja yang kira-kira masih bisa menunggu untuk dibeli.

Kalau ada barang yang masih menunggu, kita bisa membuat tabungan terpisah dan menabung demi membeli barang tersebut, diawali dengan tabungan dari uang lebaran

Ini akan membantu untuk bersikap hemat dan bisa memanfaatkan uang yangkamu miliki dengan bijak.

Baca Juga: Tak Mau Hambat Kelulusan Mahasiswanya, UNS Solo Tetep Ngadain KKN Online

3. Mencari Kegiatan Menyenangkan yang Gratis

Biasanya, perayaan lebaran juga bertepatan dengan liburan sekolah, nih.

Kita masih belum tahu apakah kita sudah bisa bermain ke tempat umum karena pandemi yang terjadi.

Ini bisa jadi kesempatankamu memilih kegiatan atau hobi yang menyenangkan tanpa mengeluarkan uang.

Misalnya, dibandingkan dengan pergi ke tempat permainan yang harus membayar sejumlah uang, kamu bisa mengajak anggota keluarga melakukan berbagai aktivitas seru di rumah, seperti bermain permainan kartu, kompetisi olahraga, dan yang lainnya.

Bermain game online bersama juga bisa jadi aktivitas yang mengasyikkan, lo. Namun jangan sampai lupa waktu dan kecanduan, ya.

4. Membawa Makanan dan Minuman dari Rumah Jika Bepergian

Aktivitas di rumah semenjak pandemi mungkin membuatkamu ingin segera bisa mengunjungi tempat umum.

Jika keadaan sudah memungkinkan untuk bisa bepergian ke tempat umum, kita juga tetap bisa menghindari sikap boros dengan selalu membawa makanan dan minuman dari rumah.

Jika kamubepergian ke tempat yang menyediakan tap water atau air minum isi ulang yang gratis atau bisa juga membawa botol minuman sendiri dari rumah.

Bukan hanya saat bepergian, kita juga bisa membuat camilan sendiri dengan bahan yang tersedia di rumah. Ini bisa membuat kita lebih hemat dan tidak menggunakan uang lebaran kita untuk membeli jajanan kecil.

Baca Juga: Pemuda yang Nge-Bully Bocah Penjual Kue Jalangkote Diancam 3,5 Tahun Penjara

5. Membawa Uang Secukupnya

Satu hal lain, kalau kamu berencana menggunakan uang lebaran untuk uang saku saat bepergian atau bermain, maka bawalah uang secukupnya.

Misalnya kamu sudah memisahkan uang lebaran menjadi tabungan, uang untuk membeli barang yang temant-teman inginkan, dan masih ada uang yang tersisa.

Boleh-boleh saja, kok, kita menggunakan uang itu untuk uang saku. Namun kita bisa membawa uang secukupnya sesuai tujuan yang kita ingin pakai, ditambah beberapa uang ekstra jika ada hal lain yang inginkamu beli

Jika ada uang yang tersisa, kamu bisa menyimpannya untuk digunakan di hari lain, atau menambahkannya di tabungan.

Berhubung sedang banyak melakukan aktivitas di rumah dan tidak bepergian ke tempar umum, tentunya menabung uang lebaran tidak jadi tantangan yang begitu sulit, bukan?

Jangan lupa terapkan tips ini jika kamu mendapatkan uang lebaran, ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Tips Menabung Uang Lebaran Supaya Tidak Lekas Habis, Ikuti 5 Cara Mudah Ini, yuk!"

Editor : Alvin Bahar

Sumber : bobo

Baca Lainnya