5 Hewan Menggelikan Ini Bisa Jadi Makanan dengan Gizi Seimbang Lho

Rabu, 13 Mei 2020 | 04:00
Popular Science

Cacing tanah

HAI-Online.com - Kebanyakan orang tentunya bakalan ogah bila ditantang untuk tinggal di alam liar, hutan misalnya, untuk waktu yang waktu yang lama.

Yaaa.. kecuali kalo kamu adalah anak pencinta alam yang memang hobi bertualang lho ya, hehe.

Bagaimanapun juga, orang yang suka menjelajah alam sekalipun tentunya nggak mau apabila mengalami nasib tersesat di alam liar tanpa kepastian kapan bisa pulang ke rumah.

Namun, seandainya hal itu benar terjadi (tapi amit-amit deh) yang bikin pusing pertama kali tentu adalah mencari bahan makanan alternatif untuk keseharianmu selama terisolir di alam liar.

Nah, karena di hutan nggak ada sumber makanan yang lazim kita temui di kota, maka kita harus mengkonsumsi organisme yang ada di hutan, termasuk hewan-hewan yang kerap bikin geli.

Baca Juga: Gitar Kurt Cobain yang Dipake di 'MTV Unplugged'Bakal Dilelang

Tapi jangan salah lho, hewan-hewan ini bisa memenuhi asupan gizi yang dibutuhkan untuk tubuh.

Apa aja hewan menggelikan tersebut, berikut HAI kasih infonya ke kalian.

1. CacingRata-rata orang mungkin geli untuk megang cacing, apalagi mengkonsumsinya.

Namun, komposisi tubuh cacing yang sepenuhnya daging dapat menjadi sumber protein yang dibutuhkan tubuh manusia.

Mengutip dari Popular Science, semua jenis cacing tanah ternyata aman dikonsumsi manusia, tapi mereka harus dibersihkan dari tanah dulu sebelum bisa dikonsumsi.

2. Siput Di negara Perancis, siput darat menjadi menu makanan lazim yang dikenal dengan nama Escargot.

Hewan bertubuh lunak ini juga diketahui mengandung asupan gizi yang dibutuhkan tubuh manusia, dengan 90 kalori per 100 gram daging, dan tinggi protein, serta kaya mineral.

Namun, perlu diingat kalo nggak semua jenis siput bisa dimakan, karena sebagian hewan ini juga memakan jamur beracun yang berbahaya untuk tubuh manusia.

3. BelatungBelatung merupakan serangga yang berada di siklus awal kehidupan. Karena tak lagi berbentuk telur, belatung mungkin agak sulit dikenali.

Menurut Popular Science, 99 persen jenis belatung dapat dikonsumsi manusia. Satu ons belatung mengandung 124 kalori, 5 gram lemak, dan 16 gram protein yang padat.

Mereka juga mengandung sedikit potasium dan beberapa mineral lainnya.

4. JangkrikJangkrik ataupun belalang diketahui sebagai jenis serangga yang aman dikonsumsi. Namun, pastikan untuk menghindari jenis berwarna dari spesies ini: warna merah, oranye, kuning, dan biru biasanya berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, saat memakannya, kepala dan kaki kecil harus dilepaskan, karena. serangga dengan cangkang renyah sering kali paling sarat dengan parasit.

5. Tikus TanahTikus dan hewan pengerat sumber makanan paling berbahaya dalam daftar ini. Virus, bakteri, dan parasit yang dapat dibawa oleh tikus menuntut kita untuk menanganinya dengan sangat hati-hati.

Tetapi ada sisi positifnya juga: banyak tikus yang terasa seperti ayam. Kabobs tikus dan sup tikus mungkin tidak terlihat seperti makanan mewah, tetapi ketika ditangani dengan hati-hati dan dimasak sampai matang, daging ini dapat menopang orang yang selamat seperti yang lain.

Daging tikus 300 gram mengandung 648 kalori, 63 gram protein, 33 gram lemak, dan 14 mg zat besi.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya