Mau Berkarya untuk Bantu Sesama di Tengah Pandemi? Ini Inspirasinya!

Senin, 11 Mei 2020 | 14:13
Dok. Shutterstock

Ilustrasi seorang perempuan sedang membuat sketsa

HAI-Online.com- Pandemi Covid-19 memberi dampak bagi banyak orang. Mulai dari segi ekonomi sampai kesehatan, terutama kesehatan mental.

Lo pasti sudah paham betul, tidak mudah menjalani keseharian di tengah situasi pandemi. Melakukan aktivitas di rumah saja, baik belajar, bekerja, hingga beribadah tidak enak rasanya. Ada rasa jenuh, bosan, stres, kangen nongkrong sama teman-teman.

Tapi lo juga harus bisa merefleksikan bahwa keseharian juga tidak mudah bagi yang mereka yang bekerja di luar rumah. Terlebih yang harus berjuang langsung menangani pandemi.

Misalnya saja, tenaga medis yang harus berada di zona rawan setiap harinya. Seharian menangani pasien tanpa kenal istirahat.

Baca Juga: Aksi Keren Pelajar Cianjur, Sulap Gang Kumuh Jadi Spot Instagenik dengan Seni Mural

Nah, daripada mengeluh bosan di rumah, sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya berkarya. Manfaatkan kreativitas untuk membuat sesuatu yang berdampak luas dan bisa membantu sesama di tengah pandemi.

Kegiatan seperti apa ya yang bisa dilakukan? Nah, contoh aksi atlet-atlet, para pekerja seni. Influencer, hingga anak muda ini guys.

  1. Lelang Barang
Coba contoh pemain Timnas U-23, Egy Maulana Vikri melelang jersey saat ia bermain di tim Lechia Gdansk. Hasilnya, untuk membantu penanganan Covid-19.

Tidak hanya atlet sepak bola, sederet atletbulu tangkisnasional Indonesia kompak melakukan aksilelangserupa. Setidaknya ada 12 pebulu tangkis tanah air yang ambil bagian padaaksi sosialini.

Baca Juga: Slipknot Lelang Hak Royalty Album 'All Hope Is Gone', Lo Bisa Ikut Nawar!

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Muhammad Rian Ardianto, Praveen Jordan, Melati Daeva Oktavianti, Greysia Polii, Apriyani Rahayu, Gloria Emanuelle Widjaja, Tontowi Ahmad, Tania Oktaviani Kusumah, Ni Ketut Mahadewi Istarani, Ribka Sugiarto, dan Muhammad Shohibul Fikri.

Memang mereka tidak menghasilkan karya seni, tetapi memanfaatkan kreativitas mereka turut menyingsingkan lengan membantu penanganan Covid-19.

  1. Membuka Program Donasi
Sederet artis dan influencer terketuk untuk membantu pemerintah dalam penangan virus corona. Seperti yang dilakukan oleh Rachel Vennya ia membuka donasi melalui akun media sosial miliknya.

Meski awalnya hanya menargetkan bisa mengumpulkan Rp. 100 juta namun, tak disangka bisa mencapai angka yang cukup fantastis yakni Rp. 7,5 miliar.

Baca Juga: Yuk #BerjuangDariRumah Hadapi Corona Dengan Ikutan Donasi Bareng Hai

Selain Rachel, tokoh influencer Arief Muhammad juga ikut tergerak untuk membuat penggalangan dana Hingga 27 Maret 2020, dana yang berhasil terkumpul dan disumbangkan mencapai angka Rp 2,6 miliiar.

Haslinya didonasikan untuk keperluan pembelian 1.000 Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis di rumah Sakit.

  1. Membuat APD
Sekelompok anak muda di Jember bahu-membahu membuat alat pelindung diri dan dibagikan untuk tim medis yang bertugasi di Jember, Jawa timur.

Hal ini bisa kalian contoh untuk membantu tim medis di daerahmu agar bisa memberikan perawatan secara maksimal terhadap pasien Covid-19.

Baca Juga: Foto-foto Pembuatan Mural Di Tiang JLNT Antasari Jaksel Oleh Siswa SMA Jakarta. Kerennya!

  1. Bikin karya seni bernilai jual untuk donasi
Nah, aksi yang satu ini dilakukan oleh seniman Darbotz. Berkolaborasi dengan Authenticity melalui rangkaian acara Kreasi Donasi, Darbotz untuk menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat.

Ia menyebut ini sebagai cara berekspresi dan berkarya yang baru. Membuat karya yang bermanfaat.

Darbotz sebagai seniman mural yang mendunia, menunjukkan keahlian menggambarnya melalui sesi live drawing yang ditonton ribuan anak muda.

Gambar yang dihasilkan Darbotz kemudian diaplikasikan pada sebuah box set yang berisi berbagai merchandise asli dari Authenticity.

Dok. Authenticity
Dok. Authenticity

Box Set Authenticity karya Darbotz.

Seluruh hasil penjualan dari setiap pembelian box set disumbangkan ke masyarakat yang terdampak pandemi virus corona.

Baca Juga: Keren! Cowok Ini Bikin Mural 3D Serangga dengan Ukuran Besar

Tetap berada di rumah adalah sebuah pilihan yang mulia. Namun berada di rumah dan ikut berkarya yang bermanfaat bagi orang lain adalah tindakan yang luar biasa.

Kreasi Donasi tidak boleh berhenti sampai di tangan Darbotz. Oleh sebab itu, Authenticity juga mengajak kaum muda untuk ikut berkarya dari rumah, tapi yang bisa memberi manfaat luas di masyarakat.

Kalau lo ingin ikut berkarya, berpartisipasi saja di Kreasi Donasi Design Competition. Pemenang dengan karya seni terbaik tidak hanya mendapatkan hadiah.

Karya seni juga akan diapresiasi dengan dijadikan berbagai merchandise unik. Seratus persen dari penjualan merchandise tersebut akan kembali disumbangkan.

Baca Juga: Salut! Demi Kurangi Polusi, Seniman Ini Sulap Sampah Sandal di Laut Menjadi Karya Seni

Anak muda yang ingin berkarya, dapat mengikutsertakan karyanya di authenticity.id gunakan tagar #EkspresiBaruDariRumah.

Harapannya akan lebih banyak anak muda yang mengetahui tentang ekspresi baru berkarya, yaitu karya yang bermanfaat melalui media apa saja, bisa dibuat di mana saja, dan kapan saja.

Editor : Sheila Respati

Baca Lainnya