WFH Kamu Pake Handphone, Ini 3 Tips Menjaga Kesehatan Selama Kerja Pakai Smartphone

Sabtu, 09 Mei 2020 | 20:10
Android Authority

Ilustrasi menggunakan ponsel

HAI-ONLINE.COM - Nggak terasa sudah lebih dari dua bulan kita sekolah, kuliah dan kerja dari rumah karena pandemi covid-19 yang tak kunjung reda.

Karena selama WFH kita nggak bisa ke mana-mana alias harus di rumah aja. Kita jadi lebih sedikit bergerak dan hal ini nggak sehat banget sob untuk tubuh.

Maka dari itu kamu membutuhkan 'asisten' untuk membantu kamu memantau dan menjaga asupan gizi dan kegiatan selama di rumah agar tetap sehat.

Baca Juga: Terkenal Karena Berulah, Ferdian Paleka Dulunya Kerja dan Punya Gaji Besar, Resign dan Jadi Youtuber

Eiits, tenang sob, asisten yang HAI maksud bukan ART (asisten rumah tangga) kok. Melainkan ponsel kamu.

Yap, ponsel yang kamu punya saat ini, bisa digunakan sebagai asisten pribadi kamu untuk memantau dan menjaga kesehatan kamu selama WFH. Penasaran gimana caranya? Simak nih:

Pantau konsumsi digital

Pada masa kerja dan belajar di rumah seperti ini, konsumsi konten-konten digital jadi lebih sering dilakukan dan bikin kita nggak sadar kita menatap ponsel selama berjam-jam.

Baca Juga: Video Ferdian Paleka Dibully dalam Penjara Direkam Oleh Tahanan, Polisi Akui Ponsel Lolos dari Kiriman Makanan

Fitur digital wellbeing di ponsel

Untuk itu, tracking dengan fitur Digital Wellbeing seperti yang ada di Galaxy S20 sangat berguna untuk menatau penggunaan aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan.

Fitur App timer yang ada Digital Wellbeing juga berguna untuk mengingatkan apabila waktu penggunaan aplikasi sudah melewati waktu yang kamu tentukan.

Dengan begini, kamu jadi bisa menghindari penggunaan smartphone berlebih yang akan menganggu kesehatanmu.

Baca Juga: Kenapa Lebih Mudah Mengingat Wajah Ketimbang Nama? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Cari makanan yang sehat

Salah satu tantangan terbesar untuk menjaga pola hidup sehat adalah mengatur asupan makanan dan nutrisi yang dikonsumsi.

Untuk itu, kamu bisa mencari makanan sehat dan cocok untuk kamu dengan menggunakan asisten virtual seperti Bixby.

Kamu bisa perintahkan asisten virtual di ponselmu untuk mencari resep makanan sehat yang mudah dibuat di rumah atau memesan makanan sehat.

Virtual Asisten juga bisa kamu perintahkan untuk mencarikan daftar makanan sehat untuk dikonsumsi saat buka puasa dan sahur.

Tetap aktif meskipun di rumah

Aplikasi pemantau kesehatan

Baca Juga: Facebook Gaming Ajak Para Gamer Main Sambil Donasi Selama Ramadan 2020

Sangat penting hukumnya untuk tetap aktif secara mental maupun fisik selama kita di rumah. Aplikasi kesehatan seperti Samsung Health bisa kamu gunakan untuk memantau kegiatan dan memberi tips untuk tetap sehat.

Aplikasi kesehatan di ponsel juga bisa dengan mudah melakukan tracking berapa langkah yang sudah kamu tempuh dalam sehari. Hal ini agar kamu bisa tetap sehat meskipun selalu di rumah.

Kamu juga bisa menggunakan aplikas ini untuk memantau berapa banyak kamu minum air, atau berapa jam kamu tidur dalam hari itu. Dengan begini, kesehatan pun bisa terjaga sob.

Gimana sob, gampang banget kan menjaga kesehatan dengan menggunakan ponselmu? Jangan ditunda-tunda, langsung aja lakuin sob!(*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya