Review Samsung Galaxy S20 Plus: Paket Lengkap yang Nggak Berlebihan 

Jumat, 17 April 2020 | 14:00
Dok. HAI

Samsung Galaxy S20 Plus

HAI-ONLINE.COM- Di antara ketiga ponsel flagship Samsung yang baru dirilis pada 6 Maret 2020 lalu, Galaxy S20 Plus yang paling “pas” deh.

Meskipun ada S20 yang lebih compact dan S20 Ultra yang lebih gahar, Galaxy S20 Plus ini cukup memberikan impresi yang baik dan menunjukan kalau “anak kedua” juga bisa bersinar.

Desain

Samsung Galaxy S20 Plus

Dilihat dari desainnya, Galaxy S20 Plus ini punya pembaruan yang cukup segar dari pendahulunya, yaitu Galaxy S10 Plus. Ntah itu bagian depan dan belakangnya.

Tentu bagian bagian belakangnya nih yang jadi sorotan banget. Samsung berupaya membuat susunan tiga kamera yang efektif tapi estetika terjaga dan jadilah sebuah persegi panjang menempel pada bagian belakangnya.

Pada bagian depan, punch-hole yang diletakan di atas membuat layar terlihat lebih segar dan mengurangi ‘gangguan’ saat melihat layar. Menurut HAI sih desain punch-hole begini lebih bagus sih ketimbang yang panjang mirip Galaxy S10 Plus.

Desain ponsel ini pun lebih minimalis dari pendahulunya; nggak ada pemindai sidik jari, tombol Bixby dan sayangnya… udah nggak ada lubang jack 3,5mm.

Oh iya, ada satu hal lagi pada bagian desain Galaxy S20 Plus yang HAI suka, yaitu stereo speakernya. Meskipun punya satu speaker, tapi Samsung berhasil menciptakan stereo sound dengan memantulkan getaran suara melalui layar. Hasilnya?

Enak banget. Nggak pernah diduga kalau suara yang disalurkan lewat layar suaranya bisa lantang dan jernih seperti keluar dari lubang speaker biasa.

Baca Juga: Teknologi Ini Jadi Alasan Kenapa Harga Samsung Galaxy S20 Mahal Banget

Performa

Seri flagship Samsung selalu dilengkapi dengan spek kelas atas, nggak terkecuali ponsel ini. Sebut saja seperti Snapdragon 865 atau Exynos 990 -untuk versi global, RAM 8GB dan kapasitas penyimpanan 128GB.

Dengan spesifikasi kelas kakap ini, Galaxy S20 Plus bisa mengangkat semua jenis aplikasi, mulai dari video editing, social media, video streaming sampai game pun masih sanggup banget.

Jadi, mau ngedit video atau photo dengan aplikasi Adobe atau mencari kemanangan di PUBG, ponsel ini bisa menjalankannya dengan lancar.

Samsung Galaxy S20 Plus

HAI udah coba beberapa games seperti PUBG dan Call of Duty: Mobile semuanya bisa berjalan tanpa lag, sekalipun dijalankan dengan resfresh rate 120Hz dan beberapa aplikasi masih terbuka di background, ponsel ini nggak menunjukan tanda kelelahan sama sekali.

Perfoma baterai sebesar 4500mAh yang tersemat di ponsel ini awet banget. Selama HAI pakai, ponsel ini bisa bertahan hampir satu setengah hari.Tapi kalau mengaktifkan refresh rate 120Hz atau memaksimalkan resolusi layar di WQHD+ (1440p) terasa sih nyedot batrenya.

Meskipun begitu, di dalam kotak Galaxy S20 Plus ini kita udah dapet fast charging 25W yang bisa mengisi daya kurang lebih satu jam lebih dikit dari kosong sampai 100%.

Kamera

Untuk bagian ini, HAI bakal kasih garis besarnya aja karena nanti HAI bakal review kamera dari Galaxy S20 Plus ini lebih mendalam. Jadi stay tuned ya sob!

Secara garis besar, ponsel ini punya tiga kamera yang terdiri dari 12MP main camera, 12MP ultra-wide, dan 64MP telephoto dengan 3x optical zoom yang bisa di-push hingga 30x dengan digital zoom.

Dok. HAI

Kamera Samsung Galaxy S20

Meskipun kamera utama dan ultra-wide masih terasa sama dengan S10 Plus, tapi kamera telephotonya benar-benar sukses kasih kesan yang baik dengan kemampuan zoom dan hasil yang ditangkap.

Nggak lupa dengan kemampuan merekam video 8K 24FPS dan fitur Single Take yang bisa menangkap satu objek dengan berbagai mode yang tersedia di ponsel ini.

Baca Juga: Galaxy S20 Jadi Ponsel Samsung Pertama yang Bisa Rekam 8K, Tapi..

Kesimpulan

Karena berada di antara S20 yang compact dan S20 Ultra yang bisa zoom sampai 100x atau kapasitas memori hingga 1TB, S20 Plus menjadi paket lengkap dan nggak berlebihan untuk sebagian pengguna.

Semuanya serba pas: Layar tajam dan luas, ada. Prosesor teranyar, hadir. Kamera dengan zoom jauh sekalipun 30x aja, masih keren, baterai gede dan fast charging, nggak absen. Jadi apa yang kurang dari ponsel selain earphone jack?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya