Informasi Lengkap Kartu Prakerja yang Memberi Bantuan Rp 3,5 juta Per Orang

Kamis, 16 April 2020 | 11:37
Tribunnews.com

Ratusan pekerja pariwisata Bali daftar peserta Kartu Prakerja

HAI-ONLINE.COM - Program yang ditunggu-tunggu di masa karantina akhirnya diresmikan juga, yaitu Program Karu Prakerja.

Program ini dikhususkan bagi para pengangguran yang terdampak pandemi Covid-19 dengan memberikan tunjangan senilai Rp 3,5 juta bagi penerimanya.

Secara garis besar, Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki dan meningkatkan ketrampilannya.

Baca Juga: Tetap Produktif di Rumah Aja, Nuca Idol Bocorin Persiapan Single Pertamanya

Tentunya program ini ditujukan bagi mereka yang ingin mencari kerja, pengangguran, buruh atau karyawan yang sudah bekerja sampai wirausaha.

Tapi untuk saat ini, Kartu Prakerja lebih diprioritaskan untuk mereka yang pengangguran, atau pengusaha kecil yang mengalami penurunan akibat Covid-19.

Syarat untuk mendapatkan Kartu Prakerja ini, kamu harus seorang WNI, berusia di atas 18 tahun dan sudah nggak sekolah atau menempuh pendidikan formal.

Cara mendapatkan Kartu Prakerja

Gampang banget kok sob. Pertama, hanya perlu buat Akun Prakerja di laman resmi Prakerja. Selanjutnya isi data diri dan masukan nomor telepon untuk verifikasi melalui SMS.

Jika sudah, tinggal ikut tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit deh. Hasilnya nanti akan dikirim melalui email dan kamu tinggal gabung ke gelombang pendaftaran.

Gampang banget kan? Kalau mau detailnya, langsung aja nih simak di bawah ini.

Bantuan sebesar Rp 3,5 juta

Sebelum salah paham, HAI kasih tau dulu nih. Bantuan senilai Rp 3,5 juta ini nggak dalam bentuk uang tunai sob, melainkan non-tunai dan terdiri dari:

- Bantuan biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta untuk membayar aneka pelatihan di platfrom digital mitra

- Intensif yang akan di transfer ke rekening atau dompet digital seperti LinkAja, Ovo atau Gopay milik peserta.

Intensif ini pun dibagi menjadi dua bagian, pertama pasca penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan. Kedua, intensif pasca pengisian survei evaluasi sebeasr Rp 50.000 per survey untuk tiga kali survey.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Belajar dari Rumah di TVRI SD-SMA, Jumat 17 April 2020

Jadwal

Buat lo yang belum daftar, ada baiknya buru-buru deh sob. Pasalnya gelombang 1 pendaftaran akan ditutup besok (16/4) pada pukul 16.00 WIB.

Pendaftar yang lolos di gelombang satu akan diumumkan pada 17 April 2020 dan menjalankan pelatihan online mulai 18 April 2020 mendatang.

Buat kamu yang nggak lolos, tenang aja sob. Masih ada gelombang berikutnya tanpa harus daftar lagi. Totalnya akan ada 30 gelombang sampai akhir tahun 2020! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya