Udah Pada Tau Belom? Ada 9 Fitur Tersembunyi di Nintendo Switch, lho

Minggu, 12 April 2020 | 15:15
iStock Editorial

Nintendo Switch

HAI-Online.com - Konsol Nintendo Switch kian semakin digandrungi banyak orang, terlebih di saat-saat karantina virus corona kayak sekarang.

Dengan minimnya opsi hiburan saat masa-masa di rumah aja, main game pun telah menjadi aktivitas pilihan banyak orang menyenangkan untuk mengurangi jenuh di rumah, salah satunya di Nintendo Switch.

Nah, konsol game ini memang udah rilis cukup lama nih yakni pada 2017 lalu.

Tapi, mungkin belom semua pengguna Nintendo Switch tahu tentang keberadaan beberapa fitur tersembunyi Nintendo Switch selain untuk bermain game.

Fitur-fitur itu memang nggak berhubungan langsung dengan pengalaman nge-game lo di Nintendo Switch.

Tapi, yang jelas, fitur tersembunyi ini punya kegunaan praktis untuk mengoptimalkan pengalaman lo menggunakan konsol game portable satu ini.

Baca Juga: Melalui Gmaps, Google Buka Akses Layanan Kesehatan Secara Online - Masih Gratis

Nah, buat yang belom pada tau, nih HAI bagiin informasinya.

1. Cari Tau Gaming Stats

Banyak aplikasi digital saat ini yang menyajikan statistik aktivitas para penggunanya, contohnya Spotify.

Nah, konsol kayak Nintendo Switch ternyata punya fitur serupa untuk para penggunanya mengetahui aktivitas gaming-nya dalam setahun terakhir. Dengan nge-buka akun Nintendo Switch di browser, para pengguna bisa tahu game apa yang paling sering mereka mainkan, dan waktu yang telah dihabiskan bermain game di Nintendo Switch.

2. Tombol Screenshot

Seperti konsol rivalnya PS4, Nintendo Switch juga punya fitur untuk menangkap gambar di layar, dan barangkali belom banyak para penggunanya yang ngeh soal keberadaan fitur ini.

3. Mengaktifkan Mode Gelap

Mayoritas gadget saat ini mempunyai fitur untuk mengurangi intensitas cahaya pada layarnya agar lebih ramah terhadap mata. Begitu pun dengan Nintendo Switch.

Dengan membuka menu system settings pada home screen, kalian bakal menemukan opsi dark mode untuk membuat layar Nintendo Switch lebih redup.

Baca Juga: Penemuan Baru, Test COVID-19 Cuma Pake Suara Dikirim Lewat Telepon!

4. Menggunakan Joy-Con sebagai Wiimote

Beberapa game memungkinka kalian untuk menggunakan Joy-Con sebagai Wii Remote.

Bagi kalian punya Nintendo Wii, pengoperasian Joy-Con pada Wii akan sama dengan Wiimote.

Fitur ini bisa berfungsi dengan terlebih dahulu mengkoneksi Joy-Con. Setelahnya, kursor akan muncul dan memberikan kalian kontrol gerak pada layar Wii.

5. Browsing internet

Untuk terhubung ke internet pada Nintendo Switch, kalian hanya perlu ke menu system settings dan menghubungkan perangkat kalian ke Wi-Fi.

Setelah tersambung, kalian bisa mulai surfing di internet melalui aplikasi browser yang tersedia di Nintendo Switch kalian.

6. Membuat "Mii"Fitur pembuatan avatar "Mii" yang ada di konsol Wii versi lama ternyata juga terdapat di Nintendo Switch.

Kalian cukup memilih panel "Mii" pada menu system settings dan kalian bisa memulai membuat avatar kartun versi kalian untuk ditampilkan saat game multiplayer.

7. Menyalakan TV

Kalian bisa mengatur Nintendo Switch kalian agar tersambung ke perangkat televisi.

Apabila konsol Switch kalian telah terkoneksi langsung ke tv melalui kabel, maka tv akan menyala ketika kalian menekan tombol home pada Switch.

Namun, bila belom terhubung, maka kalian bisa mengaturnya dengan masuk ke system settings, lalu ke TV settings, dan kemudian pilih Match TV Power State.

8. Melacak Joy-Con

Untuk kalian yang sering lupa di mana terkahir kali menaruh Joy-Con, fitur ini akan sangat berguna.

Yang perlu kalian lakukan adalah pergi ke layar Controllers dari menu utama dan kemudian klik find controllers".

Dengan begitu, Switch akan mengirimkan sinyal ke Joy-Cons yang membuatnya berbunyi dan kalian bisa mencari keberadaan Joy-Con kalian.

9. Cara mudah cek baterai

Salah satu kekurangan Nintendo Switch adalah baterai yang cepat habis. Hal ini memang kerap merepotkan karena kalian harus sering-sering cek kondisi baterai bila nggak mau Switch kalian mendadak mati di tengah game.

Nah, ada cara praktis untuk hal tersebut, yakni dengan menahan tombol home saat berada dalam game, dan sebuah layar kecil muncul untuk menginformasikan status baterai kalian.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya