Mendadak Batalkan Acara Wisuda karena Virus Corona, ITS Dibanjiri Kekecewaan Banyak Pihak

Minggu, 15 Maret 2020 | 09:44
KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

HAI-Online.com -Salah satu perguruan tinggi negeri kota Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh Nopember baru-baru ini memutuskan untuk menunda acara wisuda ITS ke-121 hari kedua yang akan berlangsung pada Minggu (15/3).

Dalam postingan yang dibagikan lewat aku Twitter resmi mereka, pihak ITS memilih untuk menunda acara wisuda hari kedua seiring meningkatnya kasus penyebaran virus corona di Indonesia.

"Dengan ini diberitahukan bahwa Wisuda ITS ke-121 hari kedua yang akan berlangsung tanggal 15 Maret 2020 ditunda dikarenaan tingkat keprihatinan virus Covid-19 yang semakin meningkat," tulis pihak ITS dalam surat edaran resmi yang ditandatangani sang rektor.

Lebih lanjut, ITS menjelaskan bahwa pelaksanaan wisuda ini diundur sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan, menunggu masalah virus corona di Indonesia mereda.

Baca Juga: Gara-gara Virus Corona Sekolah dan Kampus Pindah Belajar Ke E-Learning, Berikut Keunggulannya

"Untuk pelaksanaan wisuda selanjutnya dapat dilakukan setelah masalah virus Covid-19 mereda dan akan ada pemberitahuan lebih lanjut," tulis ITS menambahkan.

Bagi para wisudawan maupun wisudawati yang membutuhkan ijazah dalam waktu dekat untuk keperluan melamar kerja, meneruskan kuliah ke jenjang S2, atau persyaratan beasiswa dapat diambil di Kantor Direktorat Pendidikan (Plaza Dr Angka) mulai 16 hingga 20 Maret.

Sontak, keputusan tersebut pun mengundang kekecewaan banyak pihak karena ITS sendiri memberikan pengumuman tersebut secara mendadak.

Baca Juga: The Exploited Tolak Batalkan Tur Cuma karena Virus Corona: 'Kami Bukan Green Day!'

"Wahhh, bapak/ibu yang terhormat, ga baru sekarang juga ngumuminnya, kasian loh ortu teman-teman saya yang udah jauh-jauh datang dari luar kota," - @tarmiziihza.

"Itu surat tanggal 14 min, kenapa baru dipublish tanggal 15 jam 2 pagi? Cancel wisuda hari H acara via Instagram dini hari itu profesional ga? Gak etis sama sekali," - @nabilafsa.

"Kampusmu mencerminkan mahasiswamu, jangan salahkan kami yang mengerjakan tugas h-beberapa jam yaa," - DonyKusumaN.

"Sangat disayangkan sekali dari SK turun sampai tweet ini diupload sudah lewat berapa jam ya? Dari jam yang terlewat itu harusnya kami bisa menghubungi mua, fotografer, kerabat hingga teman dari jauh yang ingin datang, dll," - @jipsmonyet.

Terlepas dari itu, kita doakan aja sob semoga wabah virus corona dapat segera berakhir sehingga semua orang dapat kembali beraktivitas dengan normal seperti semula. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Twitter

Baca Lainnya