Kaca Spion Bawaan Pabrik Selalu Lebih Lebar dari Setang, Ternyata Ada Alasannya Loh

Kamis, 12 Maret 2020 | 18:00
Otomania

Ilustrasi spion bawaan pabrik

HAI-online.com -Seperti yang kita tau, kaca spion adalah salah satu komponen yang wajibterpasang di setiapkendaraanbermotor

Alasannya nggak lain dan nggak bukan adalah sebagaipenunjangkeselamatanberkendara. Bahkan, hal ini udah diatur dalam undang-undang, dan yang nggak menaatinya bisa kena tilang.

Umumnya, setiap membeli motor baru, kaca spionbawaan daripabrikbiasanya berbentuk lebar. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa kaca spionbawaaanpabrikkebanyakan berdiameter lebar?

Ternyata, bentukkaca spionyang lebar ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk mengecek kondisi keadaan sekitarkendaraan.

Baca Juga: Canggih Iya Tapi 6 Fitur yang Ada di Mobil Ini Dianggap Kurang Berguna

Melansir dari GridOto, bentuk kaca spion yang lebar bertujuan untuk mendapatkan bidang penglihatan ke samping dan belakang yang luassehingga mengurangi area blind spot (titik buta) sekecil mungkin.

Selain untuk mendapatkan jarak pandang yang luas, rupanya kaca spion ini juga memiliki tujuan lain.

Jika diperhatikan, posisi kaca spion memiliki lebar yang sejajar atau lebih lebar dibandingkan setang motor.

Tujuannya untuk menjadikan kaca spion sebagai patokan ketika pengendara hendak menyalip kendaraan di depannya.

Baca Juga: Terjual Rp 150 Juta, Harga Yamaha RX-King Ini Pecahkan Rekor!

Kaca spionbisa dijadikan batas patokan kemudi, bilakaca spionmenyenggol suatu objek, itu artinya objek sudah sangat dekat dengan posisi pinggirsetang.

Jadi, itulahalasanmengapa kaca spionbawaanpabrikposisinya lebih lebar dari posisisetang. Ingat juga,janganberkendara kalau nggak pake kaca spion yahh.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : GridOto.com

Baca Lainnya