Sukses Jadi Miliarder Muda, Pendiri OYO Awalnya Termotivasi dari Sebuah Remot TV

Senin, 02 Maret 2020 | 20:30
Nikkei Asian Review

Ritesh Agarwal

HAI-online.com -Kalian mungkin udah sering dengar kisah hidup menarik dari para miliarder tentang bagaimana merekaberhasil mengembangkan bisnis dari nol sampai menjadi sukses seperti sekarang.

Namun di antara itu semua, kalianmungkin belumpernah dengar kisah menarik miliarder muda pendiri OYO Rooms, yang belakangan bisnisnya makin berkembang pesat.

Ia adalahRitesh Agarwal, miliarder muda usia 26 tahun asal India. Ritesh bukanlah berasal dari keluarga yang kaya raya, semua kekayaan yang dimilikinya ini ia dapatkan dari hasil kerja kerasnya sendiri.

Ritesh berasal dari keluarga yang mengelola sebuah toko kecil disebelah selatanOdisha, India.

Baca Juga: KFC Lagi Mencari Taster Ayam Profesional Nih, Muka Pemenang Siap Dipampang, Berminat Ikutan?

Pada usia 13 tahun, ia mulaiberjualan kartu SIM dan pada 2011, ia pindah ke New Delhi untuk melanjutkan studinya di sebuah perguruan tinggi di sana.

Namun, setelah dua tahun, dia memutuskan untuk keluar karena dia pikir dianggak akan berhasil dengan baik secara akademis.

Saat diwawancara oleh Economic Times, Ritesh mengatakan bahwa motivasinya untuk memulai OYO (On Your Own) sebenarnya sangat sederhana.

“Itu karenaaku nggak bisa meminjamremot TV di rumahsaudara (di mana aku berpikiruntuk memulai OYO Rooms) untuk ganti channel.Saudarakumau menonton opera sabun danaku maumenonton Cartoon Network," ujarnya.

Baca Juga: Kocak, Reporter Ini Nggak Sengaja Nyalain Filter Saat Bawain Berita Secara Live

Selain itu, salah satu hal pertama yang ia lakukan dalam kariernya di bidang perhotelan adalah membantu melariskan sebuah hotel kecil.

Dia memperhatikan bahwa ada sebuah hotel di dekatnya cukup sepi.Jadi dia bertemu dengan pemiliknya dan menawarkan bantuan dengan memberikan saran kepada pemiliknya tentang apa yang harus diubah.

Dia juga membantu mengunggah beberapa foto di internet dannggaklama kemudian, hotel itu ramai dengan pelanggan baru.

MenurutBusiness Insider, jalan Riteshmenjadi miliarder bukan tanpa kegagalan, pada kenyataannya, ia telah gagal enam kali.

Baca Juga: Anjing Liar Ini Jadi Viral karena Selalu Bantu Anak-anak Menyebrang Jalan

Hal yang paling menakjubkan tentang kisah Ritesh adalah bagaimana ia berhasil mengubah sebuahide kecilnya menjadi kenyataan dengan kecerdasannya sendiri dan keterampilan wirausaha hanya dalam 6 tahun. Gokil!

Editor : Alvin Bahar

Sumber : World of Buzz

Baca Lainnya