Kamu Bisa Pantau Lokasi Banjir di Jabodetabek Dari Situs Ini

Selasa, 25 Februari 2020 | 10:59
PetaBencana.id

Peta banjir PetaBencana.id

HAI-ONLINE.COM- Hujan dengan itensitas tinggi dan durasi yang lama kembali mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Hal ini tentunya membawa bencana banjir di beberapa titik Jabodetabek.

Sepantauan HAI, pagi hari ini (25/2), sebagian besar wilayah Jakarta masih terendam banjir dan melumpuhkan infrastruktur.

Untuk memantau situasi banjir di Jabodetabek saat ini, kamu bisa loh membuka lama PetaBencana.id sob. Karena situs ini menyajikan peta banjir secara real time dan interaktif.

Dalam peta itu, tingkat banjir pun dibagi menjadi beberapa warna:

Warna merah = siaga 1 (150cm)

Warna jingga = siaga 2 (71 – 150cm)

Warna kuning = siaga 3 (10 – 70cm)

Warna hijau = siaga 4 (berhati-hati)

Baca Juga: Salut, Siswa SMK di Gresik Perbaiki Motor Mogok karena Banjir Secara Gratis

Saat kamu menenekan label warna di suatu lokasi, situs Peta Bencana itu akan menampilkan informasi tentang banjir daerah tersebut, termasuk lokasi persisnya, ketinggian air dan update terakhir, sebagaimana HAI lansir dari KompasTekno.

PetaBencana.id sejatinya nggak hanya menampilkan informasi banjir di Jabodetabek aja sob. Tapi tersedia juga data di tiga kota lainnya, yaitu Surabaya, Bandung dan Semarang.

Sama seperti aplikasi Waze, kamu juga bisa berpartisipasi melaporkan banjir di lokasi yang belum terdeteksi di situs.

Caranya pun mudah banget, tinggal unggah tweet dengan tagar #banjir dan mention akun @petabencana. Selain itu juga bisa dengan cara kirim pesan ke Facebook petabencana.id atau pesan Telegram dengan “/banjir” ke @bencanabot.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : kompastekno

Baca Lainnya