5 Tradisi Unik Perayaan Hari Valentine yang Ada di Berbagai Negara

Jumat, 14 Februari 2020 | 17:40
Pexels/Engin Akyurt

Ilustrasi valetine

HAI-online.com -Hari Valentine identik dengan memberi bunga dan cokelat kepada pasangan. Namun, beberapa negara memiliki tradisi yang unik dan berbeda dari perayaan hari kasih sayang pada umumnya.

Berikut beberapa tradisi dari berbagai negara yang dirangkum daribeberapa sumber:

Kroasia

Wikipedia

Licitarsko srce

Dariabad ke-16, licitarsatau dikenal sebagailicitarsko srce,merupakan sebuah hadiah ungkapan cinta yang diberikan saat pernikahan dandi Hari Valentine.

Kue jahe yang dihias ala Kroasia adalah simbol cinta serupa seperti buket mawar merah, bahkan malah lebih sentimental.

Baca Juga: 5 Tips Simpel yang Bikin Kencan di Hari Valentine Lebih Romantis

Di bagian tengah simbol hati tersebut ada sebuah cermin. Menurut tradisi, pemberi hadiah akan berdiri di belakang penerima.Jika si penerima melihat pantulan dari orang yang memberikan "hati"-nya, maka itumerupakan pertanda cinta.

Wales

Flickr/Haley Finn

Sendok cinta di Wales

Masyarakat Wales punya tradisi berupa sendok cinta. Sendok ini merupakan tradisi lama di mana hadiah-hadiah manis hanya awalan untuk hadiah utama berupa sendok dengan ukiran rumit yang dbuat dari sepotong kayu.

Ukiran yang dibuat akan menggambarkan keterampilan orang yang membuatnya. Biasanya, desain tersebut punya bentuk seperti desain simpul bangsa Celtic, meski banyak juga yang dihiasi dengan simbol hati.

Baca Juga: Pilih Hari Valentine untuk di Rumah Aja? Ini 7 Film yang Pas Ditonton!

Prancis

Selama Hari Valentine, ada tradisiune loterie d'amourataulotre cinta. Cowok dan cewek yang melakukan tradisi itu akan berdiri di depan jendela dan saling memanggil.

Mereka yang cocok akan bertemu. Sedangkan mereka yang cintanya tak terbalas akan membuat api unggun dan membakar foto-foto orang yang menolak mereka sambil menyerukan caci maki.

Namun, pemerintah Prancis kemudian melarang tradisi tersebut untuk dilakukan di publik.

Inggris

Di malam Valentine, ada kebiasaan para gadis untuk menempatkan lima daun salam di bantal mereka - satu di setiap sudut dan satu di tengah – untuk membawa mimpi calon suami harapan mereka. Atau mereka akan membasahi daun salam dengan air mawar dan menempatkannya di bantal.

Di Norfolk, Jack Valentine berperan sebagai semacam Santa untuk Hari Valentine. Anak-anak akan menunggu Jack Valentine mengetuk pintu mereka dan akan menikmati permen serta hadiah kecil yang ditaruh oleh Jack Valentine di beranda.

Baca Juga: Endah N Rhesa Rilis Lagu Patah Hati di Hari Valentine Berjudul 'Summertime I’m Missing You'

Denmark

Hari Valentine adalah salah satu hari peringatan yang baru di Denmark (dirayakan sejak awal 1990-an menurut Kementerian Luar Negeri Denmark).

Negara ini pun memiliki ciri khas tersendiri untuk merayakan hari kasih sayang. Dibanding memberikan bunga mawar dan cokelat, para teman atau sepasang kekasih akan saling bertukar bunga salju atau snowdrops.

Di Hari Valentine, pria akan memberikan wanita gaekkebrev, sebuah "surat lelucon" yang terdiri dari puisi atau sajak lucu.Surat itu kemudian ditandai dengan titik-titik anonim.

Jika seorang wanita yang menerima gaekkebrev dapat menebak pengirimnya dengan benar, maka dia akan mendapatkan telur Paskah di akhir tahun. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com, Paste Magazine

Baca Lainnya