Sering Dilakukan Anak Kos, 5 Makanan Ini Nggak Seharusnya Dipanasin

Selasa, 28 Januari 2020 | 21:00
Sajian Sedap

Resep Gulai Ayam Daun Mangkokan Yang Kelezatannya Sampai Kebawa Mimpi

HAI-ONLINE.COM- HAI tau banget nih, pasti kamu yang anak kos sering banget panasin makanan yang kamu masak agar bisa dimakan berkali-kali.

Memang sih, dengan memanaskan ulang makanan itu kalau dihitung-hitung bisa menghemat pengeluaran dan nggak ada salahnya juga.

Namun meskipun begitu, nggak semua makanan boleh dipanaskan lagi, sob. Karena bisa membahayakan tubuh. Penasaran apa aja makanan yang nggak boleh dipanasin? Langsung nih simak!

1. Sayur Bayam

Mungkinkamu sudah pernah mendengar kalau bayamnggak boleh dipanaskan lagi. Hal ini disebabkan karena adanya zat kimia nitra pada bayam.

Kalau dipanaskan, nitra akan berubah asam nitrat yang beracun bagi tubuh.

Asam nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosamin. Nitrosamin adalah zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker.

Selain itu, hal ini juga akan membuat darah sulit membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen.

2. Kentang

Kentang juga nggak boleh dipanaskan. Kalau dipanaskan maka nutrisi di dalamnya akan hilang.

Selain itu, kalau dipanaskan berulang-ulang bisa tumbuh bakteri Clostridium botulinum.

Bakteri ini dapat menyebabkan tubuh keracunan atau disebut juga botulisme. Racun ini bisa menyerang sistem saraf yang ada di otak dan tulang belakang.

Baca Juga: Kadar Lemaknya Tinggi, Namun 5 Makanan Ini Nggak Bikin Gemuk

3. Ayam dan Telur

Ayam dan telur mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kalau dipanaskan nutrisi di dalamnya akan hilang.

Komposisi proteinnya pun akan berubah dan menimbulkan zat yang berbahaya bagi tubuh.

Khusus untuk telur, jika dimasak dalam keadaan utuh lalu dipanaskan lagi bisa menjadi beracun lho.

4. Jamur

Jamur yang sudah dimasak juga jangan dipanaskan lagi. Selain rasa, komposisi proteinnya juga dapat berubah bahkan menghilang.

Kalau sudah begitu, manfaatnya akan berkurang bagi tubuh kita. Hal ini juga bisa menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan. Contohnya seperti diare dan perut kembung.

5. Santan

Santan memang membuat makanan menjadi lebih gurih, tapi di dalam santan terdapat lemak.

Nah, kalau dipanaskan lemak ini akan berubah menjadi lemak jahat. Pemanasan yang berulang-ulang dapat membuat lemak jahat semakin menumpuk. Lemak ini dapat menyebabkan kolesterol.

Itu tadi beberapa makan yang nggak boleh dipanaskan. Kalau dipanaskan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita dan membuat kita menjadi sakit.

Tuh sob, kalau mau panasin makanan, pastikan makanan yang kamu masak nggak mengandung bahan-bahan di atas ya!

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Suka Menghangatkan Makanan? Inilah 5 Makanan yang Tidak Boleh Dihangatkan, Sayur Bayam Hingga Ayam dan Telur"

Editor : Alvin Bahar

Sumber : bobo

Baca Lainnya