Dapet Banyak Manfaat, Ini 5 Genre Musik yang Cocok Didengarkan Saat Olahraga

Minggu, 26 Januari 2020 | 16:45
PIXABAY/STOCKSNAP

Ilustrasi olahraga sambil mendengarkan musik.

HAI-Online.com -Sering dilakukan, musik ternyata memang dapat memberikan banyak manfaat ketika didengarkan saat orang-orang tengah berolahraga.

Fakta ini sendiri terungkap melalui penelitian yang dilakukan Universitas New Hampshire, Inggris, di mana mendengarkan musik ketika berolahraga dapat membantu untuk meningkatkan performa orang-orang.

Selain itu, musik juga terbukti dapat meningkatkan suasana hati, efisiensi metabolisme, dan daya tahan sehingga mengalihkan pikiran dari rasa sakit serta kelelahan yang dialami saat berolahraga.

Sejalan dengan hal tersebut, riset yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One juga membuktikan bahwa musik dapat memperpanjang waktu dan meningkatkan intensitas berolahraga tanpa membuat cepat lelah.

Manfaat tersebut terjadi karena tempo dari alunan musik yang didengarkan saat olahraga juga merangsang area motorik otak untuk tahu kapan harus bergerak.

Baca Juga: Nggak Keurus, Potret Singa Kelaparan dan Kekurangan Gizi di Kebun Binatang Ini Bikin Sedih

Menariknya, temuan riset yang terbit dalamInternational Review of Sport and Exercise Psychology menjelaskan bahwatiap jenis olahraga memiliki genre musik tersendiri yang cocok didengarkan, di antaranya:

1. Dance

Menurut penelitian, musik dance dengan bass yang cepat dan berirama cocok digunakan saat sedang melakukan latihan kekuatan yang cukup berat, seperti angkat beban.

2. Pop

Mempunyai ritme dan ketukan yang teratur, jenis musik satu ini cocok digunakan untuk olahraga lambat dengan tipe berulang seperti aerobik dan pendinginan.

3. Rock

Dapat memengaruhi ritme olahraga seseorang, para peneliti menyarankan orang-orang untuk menghindari musik rock ketika mereka tengah melakukan olahraga dengan intensitas tinggi ataupun kardio.

Baca Juga: Nggak Disangka-sangka, Yoriko Angeline Pernah Bercita-cita Jadi Pemain Bola

Hal ini nggak lepas dari dampak musik rock yang dapat membuat orang terus bergerak mengikuti irama meskipun telah merasa kelelahan.

4. Rap

Cocok didengarkan ketika berolahraga lari, jenis musik rap diketahui dapat membuat seseorang dapat berlari 150 hingga 190 langkah per menitnya.

5. Tembang Lawas

Menurut keterangan dari Dr. Karageorghis selaku pemimpin penelitian, disebutkan bahwa efek maksimal mendengarkan musik saat olahraga didapat saat mendengar lagu yang mengingatkan akan masa mudanyaa.

Dengan mendengarkan lagu-lagu nostalgia seseorang biasanya akan merasa lebih muda, bugar, dan bersemangat.

Kalau kalian sendiri gimana nih sob? Lebih suka dengerin genre musik apa nih pas lagi olahraga? (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya