Lo Suka Sakit Kepala? Ketahui 6 Tipe Sakit Kepala dan Penyebabnya!

Rabu, 08 Januari 2020 | 20:30
stockvault.net

Sakit Kepala

Hai-Online.com -Sakit kepala adalah salah satu penyakit yang sering dan banyak nyerang ke orang. Nggak mandang usia, orang tua, anak-anak pun kerap terkena sakit ini. Banyak juga orang yang menganggap sepele bahkan jadi orang yang "apa-apa langsung minum obat" aja kalo sakit kepala itu datang.

Eits! Jangan kayak gitu ya, nggak semua sakit di kepala lo itu sama arti dan penyebabnya. HAI bakal kasih tau apa yang Dokter Luke Powles, Kepala Dokter di Klinik Kesehatan Bupa, di London Inggris, jelaskan soal sakit tipe sakit kepala yangdikutip dari laman Cosmopolitan.co.uk.

1.Sakit kepala tegang (tension headache)

Tension headache ini adalah tipe sakit kepala yang paling sering dialami. Yang biasa mengalaminya biasanya merasakan kepala konstan di kedua bagian kepala, belakang mata dan terkadang leher.

Biasanya terjadi karena stres, kurang tidur atau lapar. Cara hilanginnya bisa dengan minum obat penghilang rasa sakit (painkiller).

2. Sakit kepala di belakang mata

Sakit kepala di belakang mata nih juga sering terjadi. Gejalanya sama seperti sakit kepala tegang, cluster, migrain bahkan masalah pada mata. Pengobatannya bergantung pada penyebab sakit kepalanya tersebut.

3. Sakit kepala belakang leher atau kepala

"Postur tubuh yang salah bisa membuat leher keseleo dan cedera tulang belakang bagian atas. Ini bisa menyebabkan sakit kepala disertai sakit leher," kata Powles. Untuk mengobatinya, ia merekomendasikan langkah koreksi postur tubuh, olahraga leher, hingga fisioterapi.Untuk pengobatannya bisa dengan koreksi postur tubuh, olahraga leher hingga fisioterapi.

Baca Juga: Suka Sakit Kepala Pas Siang Hari? Cobain 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

4. Sakit kepala dehidrasi

Tau nggak sih kalo dehidrasi juga bisa sebabkan sakit kepala? Nggak menutup kemungkinan lho, karena di kondisi ini otak akan berkontraksi sementara karena kekurangan cairan dan menyebabkan sakit kepala.

Obat penghilang rasa sakit bisa kok ngebantu nyembuhinnya, namun redehidrasi harus jadi pilihan pertama alias "Drink water bro, stay hydrated".

Nggak perlu banyak juga minumnya dalam sekali teguk, sebagaimana kita minum pada normalnya saja.

Dan dalam beberapa jam sakit kepalamu akan hilang.

5. Migrain

MenurutThe Migraine Trust,hampir 15% populasi global menderita migrain.

Penyakit ini jadi penyakitterpopuler ketiga di dunia, oke bukan sebuah kebanggan sih ya.

Migrain itu kan sakit kepala sebelah, biasanya sih kita harus mengurangi gerakan atau aktivitas. Disamping sakit kepala, penderitanya juga mengalami mual dan sensitif terhadap cahaya dan suara.

Sayangnya nggak ada obat untuk ini, tapi ada hal yang bisa dilakukan untuk menghindarinya.

"Migrain bisa dipicu banyak hal seperti alkohol, stres, kelelahan dan makanan tertentu. Jadi coba identifikasi penyebab migrainmu jika bisa," kata Powles. Untuk mengurangi risiko migrain, minumlah banyak air, tidur cukup, terapkan diet sehat, dan hindari melewatkan makan.

6. Sakit kepala cluster

Ini merupakan sakit kepala yang super sangat menyakitkan, intens dan biasanya bisa sampai 6 hingga 12 minggu menjangkit ke penderitanya.

Biasanya bisa dirasakan di sekeliling mata atau pinggir dahi, mata berair kadang memerah hingga kelopak mata pun membengkak.

Meskipun banyak dokter yang belun memahami alasan timbulnya sakit kepala ini, sakit kepala cluster dipercaya terkait dengan cidera kepala yang pernah terjadi."Sayangnya, obat penghilang rasa sakit kadang tidak membantu mengatasi sakit kepala ini." "Namun, para dokter biasanya mengusulkan perawatan spesifik. Mulai dari terapi oksigen dan tindakan medis lainnya," ujar Powles.

Nah gimana nih sekarang sudah tau kan tipe-tiep sakit kepala juga penyebabnya? Dipahami baik-baik ya, selalu jaga kesehatan!

(*)

Penulis: Rara

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya