Sosok di Balik Meme 'Sini Sama Om' Meninggal, Banyak yang Belum Tahu Kalau Dia Adalah Komikus Berbakat

Minggu, 22 Desember 2019 | 12:46
Memecrunch

Meme

HAI-online.com -Mungkin orang-orang udah sering menjumpai wajah pria ini di internet dengan banyak sebutan, seperti "creepy man", "smirking guy", atau di Indonesialebih dikenal lewat meme "sini sama om".

Ekspresi wajahnya yang terlihat seperti om-om genit itu membuatnya sering dijadikan meme. Bahkan, banyak juga yang mengira bahwa pria tersebut berasal dari Indonesia.

Namun,sepertinya masih banyak yang belum tahu siapa sosok pria di balik meme tersebut sebenarnya.

Ia adalah seorang pria asal Filipina bernamaGerry Alanguilan yang merupakan seorang ilustrator komik berbakat.

Baca Juga: Boleh Ditiru, Simak 10 Ide Kreatif Membuat Pohon Natal Anti-Mainstream

Gerry telah mengerjakan berbagai judul komik populer, sepertiWetworks, X-Men, Superman: Birthright, Wolverine, dan yang lainnya.

Namun sayang,Gerry Alanguilan dikabarkan baru saja meninggal dunia pada Jumat kemarin (20/12/19) di usia 51 tahun.

Kabar ini diungkapkan oleh sang istri, Ilyn, di akun Facebook miliknya dengan menuliskan, "Kepada semua orang yang telah mencintai Gerry, terima kasih banyak.Kalian telahmemberinya banyak kegembiraan."

C.B. Cebulski, pemimpin redaksi Marvel pun turut mengungkapkan kesedihannyalewat Twitter,dengan kontribusi luar biasa Gerrypada komunitas seni di Filipina.

Baca Juga: Manfaatin Benda Sekitar, Cowok Ini Cosplay Jadi Beragam Karakter Film

Gerry awalnya belajar untuk menjadi seorang arsitek. Namun, ia mengubah hobi ilustrasinya menjadi kariersupaya bisa bersama kekasihnya saat itu.

Pada awalnya, sebagian besar karya Gerry dalam komik adalah judul superhero Amerika konvensional. Komik pertamanya yang ditulis sendiri adalah Wasted.

Awalnya Wasted dimaksudkan hanya untuk dibaca oleh teman-temannya, karena di dalamnya banyak mengandung unsur kekerasan dan kata-kata kotor.

Namun, akhirnya ia menerbitkan Wasted di Filipina hingga mendapat pujian dari Warren Ellis, komikus kondang Inggris.

Baca Juga: Bagikan Mainan Kayu Buat Anak-anak Selama 50 Tahun, Kakek Ini Disebut Sebagai 'Real-Life Santa Claus'

Karya tersebut menjadikan Gerry sebagai pencipta komik independen dan dari sana popularitasnya menyebar ke Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat, Gerry dikenal sebagai inker untuk judul-judul seperti Wetworks, X-Men, Superman: Birthright, Wolverine, High Roads, Fantastic Four, dan Silent Dragon, kadang-kadang bekerja bersama sesama pembuat buku komik Filipina Leinil Francis Yu dan Whilce Portacio.

Pada 2007, Alanguilan menciptakan webcomic slice-of-life otobiografi bernama Crest Hut Butt Shop, berdasarkan minicomic sebelumnya dengan nama yang sama.

Baca Juga: Manga Indonesia 'REFORMER' Akhirnya Debut di Jepang!

Setelah sabat panjang dari komik arus utama, Alanguilan, bermitra lagi dengan Leinil Yu pada 2012 di bidang seni untuk Supercrooks karya Mark Millar.

R.I.P.Gerry Alanguilan.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : tribunnews, World of Buzz

Baca Lainnya