Peringatan! Film Star Wars: The Rise of Skywalker Bisa Picu Kejang, Ini Kata Disney

Kamis, 12 Desember 2019 | 20:45
Disney; Lucasfilm

Star Wars: The Rise of Skywalker

HAI-online.com -Walt Disney Studios telah mengeluarkan peringatan bahwa film 'Star Wars: The Rise of Skywalker'bisa memicu kejang pada orang yangmemiliki epilepsi dan rentan dengan kilatan cahaya.

Seperti yang dilaporkan oleh Variety, Disney juga telah menjalin kerja sama denganEpilepsy Foundation untuk mempromosikan peringatan ini.

Merekajuga memberikan tips bagaimana para penggemarsupaya tetap bisa menikmati filmyang mengandung beberapaadegan dengan kilatan cahaya tersebut.

Buat yang mau nonton dan memiliki gangguan saraf tersebut, berikut rekomendasi yang dikeluarkan untuk melakukan tindakan pencegahan:

Baca Juga: Sutradara dan Pemainnya Kumpul, Petualangan Sherina 2 Bakal Digarap?

  • Minta teman untuk menonton film terlebih dahulu.
  • Ajak temannonton lagi untuk memberi tahu adegan mana yang mengandungkilatan cahaya itu sehinggabisa dihindari untuk melihat adegan itu.
  • Ajari teman tiga langkah sederhana pertolongan pertama pada kejang -Stay, Safe, Side - sehingga bisa membantu jika mengalamikejang.
MenurutCNN, Disneynggak menjelaskan tentang bagaimana pemakaian efek itu, atau di adegan mana akan muncul untuk mencegah bocornya plot alias spoiler.

Disney juga menyarankan agarbioskop memasang tanda untuk memperingatkan penontontentang risiko tersebut sebelum melihatakhir kisah saga Skywalker itu pada 16 Desember 2019 mendatang.

Ini bukanlah kali pertama dilakukan Disney. Pada tahun 2018 lalu, film Incredibles 2 juga mengandung adegan dengan kilatan cahaya yang bisa memicu kejang bagi penderita epilepsi.

Baca Juga: Quentin Tarantino Ungkap Peluang Garap Film Kill Bill Vol. 3

Filmtersebut lalu di-edit dengan mengurangi beberapa adeganyang mengandungkilatan cahaya seperti yang dimaksud.

Editor : Al Sobry

Sumber : Mothership.sg

Baca Lainnya