Sering Dihindari karena Takut Lemak, Kulit Ayam Ternyata Punya Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Rabu, 11 Desember 2019 | 18:00
Thebutcherysausage.com

Kulit ayam crispy

HAI-online.com -Kita mungkin sering dengan bahwa kulit ayam itu buruk bagi kesehatan karena disebutmengandung banyak lemak dan akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita.

Di mana hal itu nantinya bisamenyebabkan masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan masalah jantung. Akhirnya, banyak orang menghindari kulit ayam, terutama mereka yang sedang melakukan diet.

Namun, penelitian terbaru dari Universitas Harvardmenunjukkan bahwa kulit ayam memiliki nilai gizi baik dan nggak akan menyebabkan masalah kesehatan yang disebutkan sebelumnya.

Menurut laporan, lemak pada kulit ayam dikategorikan sebagai lemak sehat, danitu berpotensi mengurangi tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi, tergantung pada hormon seseorang.

Baca Juga: Susah Bangun Pagi Meskipun Ada Alarm? Simak Nih Tipsnya Sob!

Selain itu, kalori dalam kulit ayam sebenarnya nggak setinggi itu dan jika dikonsumsi secukupnya, itunggak akan membuat gemuk.

Lalu,ketikamenghilangkan kulit ayam sebelum dimasak, maka akan lebih mudah menyebabkan minyak masuk dalam daging.

Dengannggak menghilangkan kulitnya, kulit ayam itubisa menjadi seperti penghalang terhadap minyak.

MenurutSCMP, ahli gizi di Integrated Medicine Institute, Sheena Smith,juga pernahmengatakan bahwa hal utama yang membuat kulit ayamnggak sehat adalah cara memasaknya.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Leher Kamu? Kenali Tanda Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

"Jika mencelupkan lemak ayam ke dalam adonan dan remah roti dan menggorengnya, makakau hanya menambahkan kalori yangnggak berarti dan pada dasarnya,membuatnya menjadi sesuatu yang tak sehat," ujarnya seperti dikutip dari World of Buzz.

Namun,perludicatat juga bahwa ayamyang dijual secara komersilbiasanya disuntikkan dengan hormon dan antibiotik, dan bahan kimia yang dikonsumsi oleh ayamakan tersimpan dalam lemak.Jadi, jika dikonsumsi, bagian ayam ini bisa sangatnggak sehat.

Jika tahu asal-usul ayam, seperti ayam yang dipelihara sendiri, atau dari peternak terpercaya, maka itu akan lebih baik untuk dikonsumsi.

Baca Juga: Kisah Remaja yang Nekat Akhiri Hidup Demi Bisa Sumbangkan Organ Tubuhnya untuk Orang Lain

Tapi ingat juga sob, kalau udah tahu fakta ini, bukan berarti kalian bisa makan seenaknya ya. Tetap tahu batas dan makan secukupnya.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : World of Buzz

Baca Lainnya