Kalau Ikuti 7 Cara Mudah Ini, Duduk Doang Bisa Turunin Berat Badan

Jumat, 22 November 2019 | 16:00
iStockphoto

Ilustrasi duduk

HAI-ONLINE.COM- Sekarang, kebanyakan orang menghabiskan waktunya dengan duduk. Mulai dari di kendaraan, sekolah, kampus, kantor sampai nonton bioskop.

Yaaa, memang sebenarnya agar aneh sih kalau semua kegiatan yang HAI sebutkan di atas dilakukan dengan berdiri. Buruknya, menurut beberapa penilitian, duduk terlalu sering nggak baik untuk tubuh.

Tapi ternyata dengan duduk aja, kamu bisa menurunkan berat badan loh sob. Bahkan sampai 5 kilogram per minggunya. Nggak percaya? Ikutin deh cara-cara ini dan praktekan.

1. Duduk dalam posisi tegak

iStockphoto
endopack

Ilustrasi duduk tegak

Kenapa duduk dalam posisi tegak bisa membuat berat badan jadi turun? Penjelasannya ada hubungan dengan kondisi psikologis manusia, lho.

Ketika kita duduk tegak, kita akan merasa lebih percaya diri karena postur tubuh yang bagus. Nah, karena merasa percaya diri, stres dan hormon kortisol, yang membuat tubuh lebih gampang membuat lemak akan berkurang drastis.

Artinya, tubuh bakalan jadi lebih ramping dan enggak bakalan ada ngidam-ngidam nggak jelas, deh!

2. Buat suhu ruangan menjadi sangat dingin

iStockphoto
RossHelen

Ilustrasi nurunin suhu ruangan

Kalau tubuh kita merasakan suhu dingin, tubuh akan secara otomatis menggunakan energi untuk menghangatkan tubuh. Nah, energi yang diambil tersebut berasal dari lemak dan kalori yang ada dalam tubuh kita.

Dengan begitu, berat badan turun jadi lebih cepat, deh!

3. Minum banyak air putih

undark.org
Troels Kjems

Ilustrasi minum air putih

Walaupun kedengaran klise, tapi pada kenyataannya air minum memang bisa turunkan berat badan walaupun kita sehari-hari hanya duduk aja!

Selain menghidrasi tubuh, air putih bisa melancarkan proses metabolisme tubuh sehingga pembakaran kalori lebih mudah.

Berdasarkan studi dari 'Obesity' menemukan kalau orang yang minum 2 gelas sebelum makan bisa membuat tubuhnya hanya makan sedikit, bahkan bisa mengurangi 90 persen kalori yang bakal kita konsumsi, lho!

4. Tertawa

5 Kejadian meninggal karena tertawa

Semudah duduk dan tertawa ternyata bisa bantu kita turunkan berat badan dengan cepat!

Menurut studi dari 'International Journal of Obesity' ditemukan bahwa tertawa yang puas bisa mempercepat metabolisme hingga 10-20 persen. Dengan kata lain, 10-15 menit tertawa, sudah ada 40-170 kalori yang terbakar, lho!

5. Main game

PIXABAY/CHANZJ

Ilustrasi main game online

Buat para gamers, mungkin ini bakal jadi kabar paling membahagiakan. Yup, main game ternyata terbukti bisa membuat berat badan turun!

Ini karena ketika kita lagi main game, biasanya rasa lapar berlebihan akan hilang dengan sendirinya berkat distraksi yang lebih asyik.

Rasa lapar yang tiba-tiba ini biasanya hanya muncul 10 menit pertama, jadi kita bisa hanya bermain 10 menit dan mematikannya, lho!

Baca Juga: Cocok Buat Diet, 10 Inspirasi Bekal Ini Malah Bikin Nggak Nafsu Makan

6. Makan permen karet

iStockphoto
ipag

Ilustrasi makan permen karet

Walaupun permen karet bisa membuat perut terasa kembung, tapi permen karet sangat bagus untuk mengurangi keinginan untuk makan berlebihan berkat rasa mint yang dimilikinya.

Hal ini sesuai dengan penelitian yang dipublikasi lewat 'Physiology & Behavior' yang mengatakan bahwa makan permen karet membuat kita jauh lebih awas dan bisa mengurangi stres serta produksi hormon kortisol, salah satu hormon yang membuat kita pengin makan banyak!

7. Bernapas dalam-dalam

iStockphoto
AntonioGuillem

Ilustrasi bernafas

Tau nggak sih sob, ternyata bernapas dalam-dalam aja bisa membuat tubuh jadi kehilangan berat badan!

Berdasarkan penelitian, bernapas dalam-dalam ternyata termasuk ke dalam olahraga yang menstimulasi sistem saraf untuk menjadi rileks dan mengurangi stres. Dengan begitu, hormon kortisol akan berkurang drastis, menyebabkan kita jadi enggak gampang lapar, deh!

Artikel ini pertama kali tayang di CewekBanget.id dengan judul "Cuma Duduk Doang Bisa Turun Berat Badan 5 Kg? Ini 7 Cara Mudahnya!"

Editor : Alvin Bahar

Sumber : cewekbanget.grid.id

Baca Lainnya