Nggak Disangka, Ini 5 Hal Unik yang Terjadi Pada Tubuh Saat Nonton Film Horror

Jumat, 01 November 2019 | 19:30
Warner Bros.

Pennywise dalam trailer IT Chapter Two

Hai-online.com - Halloween nggak afdol rasanya kalau nggak dibaluti dengan yang seram-seram. Meskipun di Indonesia sedikit yang mengadakan pesta kostum, tapi menonton film juga bisa ikut meramaikan loh.

Tapi nontonnya film horror sob. Kalau nontonya drakor mah, sama aja boong!

Eh btw, ngomongin soal film horror. Tau nggak sih, kalau ternyata tubuh kita itu bereaksi juga, lho.

Kalau lo baru tau, langsung aja nih HAI kasih tau apa yang terjadi dengan tubuh kita ketika nonton film horror.

Baca Juga: Ajak 9 Musisi Keren, Mocca Ngasih Kado Buat Ulang Tahunnya Yang Ke-20.

Jantung berdebar dan napas tersenggal

Film horor memang mendebarkan, karena ada sentuhan yang menyeramkan hanya melihat latar tempatnya ataupun jumpscare yang bikin kita teriak!

Nah karena hal ini, aliran darah ke jantung juga akan meningkat, karena ini adalah hal wajar yang terjadi sebagai reaksi tubuh yang lagi ketakutan.

Karena jantung kita berdebar, oksigen dalam tubuh juga makin dibutuhkan. Nggak heran kalau kita juga bernapas makin cepat dan jadi tersenggal, deh!

Otot menegang

Pernah enggak merasakan tubuh kita terasa capek dan lelah sehabis nonton film horor? Ini karena seluruh otot pada tubuh kita lagi menegang, girls.

Otot menegang juga jadi salah satu hal yang wajar kalau kita lagi takut dan panik, walaupun ancamannya hanya lewat film.

Gara-gara ini, kita juga secara nggak sadar bakalan memegang sesuatu secara erat, nih.

Hormon stres meningkat

Ketika stres, tubuh kita akan mulai memproduksi hormon kortisol.

Nah, stres di sini bukan cuma karena soal tugas, tapi bisa jadi karena adegan horor yang bikin nyawa kita serasa terancam!

Masalahnya, kalau hormon kortisol meningkat dalam tubuh kita, bakalan ada banyak hal yang cukup mengerikan terjadi. Misalnya seperti kita jadi rentan mengingat memori lama yang enggak menyenangkan, seperti putus dari mantan atau dikhianati orang lain, lho!

Pergerakan mata jauh lebih cepat

Mirip seperti alasan kenapa jantung kita berdebar dan napas lebih cepat, pergerakan mata juga lebih cepat berkat respon alami tubuh ketika merasa tegang dan takut.

Pergerakan mata yang cepat ini supaya kita bisa melihat jejak ancaman atau hantu yang bakal muncul, supaya kita enggak terlalu kaget, nih!

Meningkatkan adrenalin

Adrenalin juga salah satu respon tubuh ketika kita lagi stres atau ketakutan. Adrenalin berguna biar kita siap terhadap apapun yang bakal terjadi, termasuk meloncat ketika ada jumpscare, lho!

Adrenalin secara keseluruhan memang enggak terlalu bagus untuk tubuh kita. Namun, adrenalin bisa berguna untuk memberikan perasaan puas dan bahagia.

Setelah itu, adrenalin juga akan membuat kita merasa penuh energi, walaupun sangat waspada dengan sekitar.

Artikel ini pertama kali tayang di CewekBanget.id dengan judul "Ini 5 Hal Unik yang Terjadi Pada Tubuh Saat Nonton FIlm Horor!"

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Cewekbanget.id

Baca Lainnya