Kronologi Perseteruan Awkarin dengan Ilustrator Bernama Nadiyah Rizki

Rabu, 30 Oktober 2019 | 15:58
Instagram

Awkarin vs Nadiyah Rizki

HAI-Online.com -Beberapa hari ini, nama Awkarin tengah ramai menjadi bahan perbincangan di media sosial setelah terlibat perseteruan dengan seorang ilustrator bernama Nadiyah Rizki terkait penggunaan karya orang lain tanpa izin. Berikut kronologi Awkarin dengan Nadiyah Rizki.

Sempat terjadi perdebatan panas, baik antara kedua belah pihak serta netizen yang berseberang pendapat, Awkarin sendiri menyebut telah menyelesaikan masalah tersebut secara baik-baik, dan berdamai dengan Nadiyah.

Lalu, bagaimana awal mula keduanya bisa terlibat perdebatan sebelum akhirnya berakhir damai? Berikut HAI udah merangkum buat kalian kronologi perseteruan antara Awkarin dengan Nadiyah Rizki Suyatna.

1. Awalmula perseteruan

Dari hasil pantauan HAI, perseteruan ini sendiri bermula dari cuitanAwkarin pada Sabtu (26/10) lalu, di mana dia mengatakan ingin membuat komunitas aktivis untuk daerah Jakarta.

Nggak berselang lama, Nadiyah yang merasa muak dengan Awkarin pun mengomentari cuitan itu dengan menyinggung masalah penggunaan karya orang lain tanpa izin untuk keperluan personal branding yang pernah dilakukan oleh influencer berusia 21 tahun tersebut.

"Lol, kamu aja nge-block aku di Instagram saat aku bertanya soal kredit untuk ilustrator yang karyanya kamu curi dan pakai untuk personal branding. Melihatmu menciptakan imej sebagai aktivis padahal kamu sendiri suka mencomot karya orang membuatku muak," tulis Nadiyah.

TWITTER/NADIYAHRS

Komentar Nadiyah terkait cuitan Awkarin yang ingin membuat komunitas aktivis di Jakarta.

Baca Juga: Joko Anwar Pengen Bikin Nobar Perempuan Tanah Jahanam di Bioskop Angker

2. Awkarinmeminta pertanggungjawaban

Mendapati komentar itu, Awkarin pun meminta pertanggungjawaban Nadiyah untuk memberikan bukti terkait ucapannya, dan meminta ilustrator tersebut mengirimkan kontak supaya dia serta sang pengacara dapat datang ke Bandung untukmenemuinya.

"Dear Nadiyah, saya tunggu buktinya 1x24 jam ya. Saya ingin pertanggungjawaban dari ucapan kamu. Saya lagi males ribut-ribut ditontonin. Saya sudah DM kamu untuk minta contact kamu, nanti saya dateng + lawyer saya aja ke Bandung. Kita bisa bicara baik-baik," tulis Awkarin.

3. Penyesalan Awkarin

Dalam utas baru yang dibagikan pada Selasa (29/10) kemarin, Awkarin memberikan penjelasan bahwa alasan dia mengajak pengacara untuk menyelesaikan kasus ini karena Nadiyah nggak kunjung memberikan respon ketika diminta untuk melakukan pembuktian.

"Nadiya pun belum membalas, aku pun merasa menyesal karena terpancing emosi yang akhirnya membuatku berkeputusan untuk membuat pernyataan tentang “Lawyer” di ruang publik," tulis pelantun tembangCandutersebut.

TWITTER/AWKARIN

Penjelasan Awkarin terkait masalahnya dengan Nadiyah Rizki Suyatna.

Membuat pernyataan terkait pengacara di ruang publik, cewek kelahiran Jakarta ini mengaku menyesal atas tindakannya, di mana dirinya kemudian mencoba untuk menghubungi Nadiyah melalui direct messages untuk mencari solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

"Nadiya menginginkan aku untuk meminta maaf lagi ke publik atas kesalahan lamaku itu dan menghapus postingan yang dianggap melanggar hak cipta. Aku pun beritikad baik untuk mengakhiri kegaduhan ini dengan menurutinya," terangnya lebih lanjut.

TWITTER/AWKARIN

Penjelasan Awkarin terkait masalahnya dengan Nadiyah Rizki Suyatna.

Baca Juga: Bocah 8 Tahun Alami Lumpuh Setelah Dihukum Gurunya untuk Push-up 10 Kali

4. Suasana sempat kembalimemanas

Sempat reda, suasana kembali memanas karena Nadiyah membuat pernyataan yang menyebut bahwa Awkarin nggak memenuhi janjinya untuk meminta maaf, sambil membagikan potongan percakapan keduanya.

Melakukan perundingan kembali untuk membuat masalah keduanya benar-benar selesai, Awkarin menyebutbahwa Nadiyah lalu berinisiatif untuk menghapus semua cuitan yang menyeret namanya supaya nggak mendapat tuntutan terkait postingannya di Twitter.

"Nadiya terus menerus bertanya apakah aku akan tetap menuntutnya kalau semua twit tentang aku dihapus? Untuk mengakhiri permasalahan ini, aku pun menjawab bahwa aku tidak akan menuntut dia dan akhirnya mengiyakan tawarannya. Kami pun berdamai," jelas Awkarin.

5. Permintaan maaf dan ucapan terima kasih Awkarin

Pada akhir utasnya, Awkarin pun kembali meminta maaf atas semua kesalahan yang pernah dia lakukan dan mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang selama ini terus memberikan dukungan kepadanya.

"Your past doesn't define your future. Semua orang bisa berubah. Terimakasih teman-teman! Semoga menjawab yang belum terjawab dan masalah ini selesai baik-baik," tutupnya.

TWITTER/AWKARIN

Penjelasan Awkarin terkait masalahnya dengan Nadiyah Rizki Suyatna.

(*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Twitter

Baca Lainnya