Main HP di Kegelapan, Seorang Pria di China Terkena Stroke Mata!

Selasa, 29 Oktober 2019 | 19:45
iStock

Terlalu sering bermain hp di kondisi gelap bisa menyebakan stroke mata

HAI-Online.com - Punya kebiasaan seringmain hp gelap-gelapan? Kalau iya, nggak ada salahnya kalau kebiasaan tersebut sebaiknya dihilangin deh. Soalnya, baru-baru ini, seorang pria di China dikabarkan mengalami kebutaan sementara setelah bermain gamesmartphone di kamarnya yang gelap.

Seperti yang diberitakanSouth China Mornig Post (24/10/2019),pria bernama Wang asal kota Xian tersebut mengaku memang suka bermain game dalam kondisi gelap sebelum ia tidur.

Sang dokter, Lei Tao mengatakan bahwa Wan menderita stroke mata atau yang dikenal juga dengan sebutan "oklusi arteri retina". Oklusi arteri retina sendiri adalah kondisi medis di mana terjadipenyumbatan suplai darah dalam arteri ke retina.

Baca Juga: Kevin Sanjaya Memilih Nonton PSG Usai Menjuarai French Open 2019

"Penyumbatan arteri di retina terjadi tiba-tiba, hal ini serius dan menjadi penyebab utama gangguan mata yang bisa menyebabkan kebutaan," jelas Tao.

Penyumbatan disebabkan oleh gumpalan atau penyempitan darah ke retina. Nah, kalau kondisi ini nggak cepat ditangani, maka bisa menyebabkan kebutaan permanen. Sementara, tingkat kebutaan permanen yang tinggi pastinyamempengaruhikualitas dan kehidupan sosial.

Sebenarnya,Wang bukan pasien pertama yang menderita gangguan mata seperti ini. Menurut Tao, dalam sebulan, ada sekitar 20 pasien lainnya yang juga mengalami keluhan gangguan penglihatan akibat terlalu banyak bermain hp dalam kegelapan. Dan kebanyakan dari mereka justru adalah anak-anak muda.

Bahkan, tahun 2017 lalu di China, pernah terjadi seorang wanita yang mengalami kebutaan permanenakibat seharian penuh memainkangameHonour of Kings.

Baca Juga: Demo Kendari Berakhir Ricuh, Mahasiswa Lempari Polisi dengan Tinja

"Menggunakanponsel dan barang-barang elektronik sudah menjadi bagian besar dari kehidupan anak muda, yang memberi tekanan berlebihan pada penglihatan mereka. Ini bisa memicu stroke mata," ungkapnya.

Namun, Tao mengatakan kalau hal ini bisa dicegah kok. Caranya adalah dengan mengurangi penggunaansmartphone yang berlebihan.

"Gunakan dan beristirahatlah dengan pola yang reguler, hindari begadang dan menatap ponsel, menonton televisiatau komputer terlalu lama. Akan ada perbedaannya nanti," jelasnya. (*)

(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya