Viral Percobaan Goreng Telur di Bawah Sinar Matahari, Begini Penjelasan Ahli

Jumat, 25 Oktober 2019 | 19:10
Instagram/makassar_iinfo

Viral video netizen goreng telur di bawah sinar matahari

HAI-online.com -Akhir-akhir ini sejumlah wilayah di Indonesia mengalami suhu udara yang sangat panas di siang hari.

Berdasarkan pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), suhu udara maksimum diperkirakan dapat mencapai lebih dari 39 derajat Celsius dan akan berlanjutsampai akhir bulan Oktober.

Karenapanasnya suhu udara ini,sejumlah netizen pun mencobamembuktikan dengan menggoreng telur di atas wajan berisi minyak dan dipraktikkan di bawah sinar matahari.

Salah satunya ada di video yang diposting ulang oleh akun InstagramMakassar Info, @makassar_iinfo, yang kemudian menjadi viral.

Baca Juga: Usain Bolt Kalah! Peneliti Temukan Semut dengan Kecepatan Lari Hingga 579 Km per Jam

Dalam videoterlihat seorang tengah mempraktikkan menggoreng telur di atas wajan yang dilengkapi dengan minyak goreng dan prosespenggorengan telur tersebut terjadi dengan waktu yang singkat.

Penjelasan LIPI

Mengonfirmasi hal tersebut, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Agus Haryono menyampaikan bahwa memasak telur di bawah sinar matahari bisa saja dilakukan.

"Bisa saja dimasak dalam kondisi paparan sinar matahari yang memungkinkan timbulnya panas untuk memasak telur," ujar Agus saatkepada Kompas.com.

Soal proses penggorengan yang singkat, Agus menjelaskan bahwa panas paparan sinar matahari nggak akan sampai pada titik didih minyak.

Baca Juga: 5 Hewan Kecil Paling Mematikan di Dunia, Salah Satunya Nyamuk

Adapun titik didih air berada di angka 100 derajat Celsius. Sedangkan, titik didih minyak berada di angka 170-180 derajat Celsius.

Menurutnya dengan fakta tersebut, panas dari paparan sinar matahari butuh waktu yang relatif panjang untuk bisa membuat telur menjadi matang.

Meski jarak suhu titik didih dengan suhu udara panas sangat jauh, namun peran sudut paparan sinar matahari juga berpengaruh dalam proses pemanasan fluida (minyak).

Agus mengungkapkan,bukan cuma suhu udara saja yang akan membuat media cair menjadi cepat panas, melainkan sudut paparan sinar matahari.

Baca Juga: Lebah Kini Dinyatakan Sebagai Makhluk Hidup Paling Penting di Bumi

Dengan sudut sinar matahari yang tepat akan membuat media cair akan lebih cepat memanas.Selainitu, diketahui beberapa negara ada yang memanfaatkan sinar matahari untuk memanaskan fluida.

"Panas fluida kemudian digunakan untuk menghasilkan listrik," ujar Agus. Dengan demikian, kurang pas jika panas matahari bisa langsung menggoreng telur dengan minyak dingin.Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Viral Percobaan Menggoreng Telur di Bawah Sinar Matahari, Ini Penjelasan Ahli LIPI."

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya