Google Siapkan Fitur Pencarian yang Bisa Dilakukan Lewat Screenshot

Rabu, 18 September 2019 | 18:45
Lifewire

Ilustrasi Google Search

HAI-online.com -Google akanmempermudah penggunanyadalam melakukan penelusuran dan pencarianlewat aplikasinya.

Raksasa teknologiinitengah menyiapkanfitur baru bernama "Smart Screenshot" di aplikasi Google versi 10.61 yang belum resmi dirilis.

Fitur ini akan memungkinkan penelusuran informasi di aplikasi Google menggunakan screenshot atau tangkapan layar yang dipindai menggunakan Google Lens.

Dari penguraian kode yang dilakukan 9to5Google, opsi pencarian melalui screenshot akan muncul secara otomatis setelah screenshot diambil. Opsi tersebut akan muncul di bawah bersamaan dengan fitur "Edit and Share".

Baca Juga: Kenalan Sama Oppo A9 2020: Smartphone Kelas Menengah yang Serba Ada

9to5Google

Ikon Google Lens yang muncul untuk melakukan pemindaian pencarian di Google Search

Smart Screenshot memang mengombinasikan fitur "Edit & Share Screenshot" dan "What's on my Screen" yang didukung teknologi artificial intelligence (AI).

Sampaisaat ini, di fitur "Edit and Share" hanya memiliki beberapa opsi seperti potong (crop), anotasi,dan membagikan gambar saja.

Nantinya, opsi tersebut akan ditambah dengan Google Lens yang berfungsi untuk memindai hasil tangkapan layar.

Seperti diketahui, Google Lens memiliki optical character recognition (OCR) yang bisa memindai teks. OGR akan memindai teks di dalam tangkapan layar yang kemudian akan diarahkan ke aplikasi Google untuk melakukan pencarian.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Nyimpen Cuitan Tanpa Ketahuan Oleh Follower Kita

Selain teks, Google Lens juga bisa memindai gambar yang ada di tangkapan layar dan kemudian melakukan penelusuran untuk menemukan gambar yang identik.

Belum diketahui pasti apakah fitur ini hanya akan terbatas di aplikasi Google saja atau bisa menggunakan aplikasi pencarian lainnya.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com, Engadget

Baca Lainnya