Kenalan Sama Oppo A9 2020: Smartphone Kelas Menengah yang Serba Ada

Rabu, 18 September 2019 | 15:21
Dok. HAI

Oppo A9 2020

Hai-online.com- Selasa (17/9) kemarin, Oppo kembali meluncurkan smartphone terbaru mereka. Bukan Reno lagi, melainkan dari seri A yang diberi nama A9 2020 dan A5 2020.

Meskipun saat sudah banyak banget smartphone kelas menengah keatas yang sudah memiliki beberapa fitur kelas flagship, tapi pada A9 2020 ini ada sesuatu yang berbeda dari semua smartphone kelas menengah lainnya.

Baca Juga: Tompi Rela Jadi Miskin Sementara DemiGarap Pretty Boys

Biar tau apa yang bikin beda, langsung aja deh kita kenalan dulu sama ponselnya.

Kamera

Dok. HAI

Kamera yang ada di A9 2020

Karena lagi bahas ponsel Oppo, mari kita bahas kameranya duluan. Pada A9 2020 ini, Oppo menyematkan 4 kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP, ultra wide 8MP, Potrait 2MP, dan Monokromatik 2MP.

Untuk kamera utamanya, yang memiliki resolusi 48MP, memiliki fitur Ultra Night Mode 2.0 yang diklaim bisa menghasilkan foto lebih terang saat dalam keadaan minim cahaya. Fitur itupun dilengkapi juga dengan Face Brightness Protection yang berbasis AI untuk menjaga tingkat kecerahan pada wajah objek yang difoto.

Dok. HAI

Perbandingan lensa biasa dan ultrawide pada Oppo A9 2020

Lensa ultra wide yang disematkan pada Oppo A9 2020 ini memiliki sudut 119 derajat sedangkan untuk mode portrait, sudah dilengkapi dengan Artistix portrait style yang terdiri 7 filter.

Untuk sektor perekaman video, Oppo A9 2020 ini memiliki kemampuan untuk merekam 1080p di 30fps sampai 4K yang dilengkapi dengan EIS (Electronic Image Stabilization) + gyroscope untuk menjaga kestabilan video saat direkam. Perpaduan antara EIS dan gyroscope ini diklaim Oppo bisa menghasilkan video yang lebih stabil dari sebelumnya.

Selain itu, pengguna pun akan disuguhkan dengan 10 filter video supaya nggak usah ribet-ribet lagi melakukan grading untuk mendapatkan hasil visual yang bagus.

Baca Juga: Anti Setengah-Setengah Club, Kamera di OPPO Reno 10x Zoom Emang Paling Maksimal!

Desain

Dok. HAI

Oppo A9 2020

Dari segi desain, terlihat nggak ada yang fresh mulai dari warna yang mereka namakan Marine Green dan Space Purple karena udah banyak banget smartphone zaman sekarang yang mengusung warna seperti itu.

Oppo juga masih mengadopsi layar waterdrop screen yang miliki notch sebagai rumah bagi kamera selfie 16MP yang memiliki sudut pandang 79 derajat dan dilengkapi dengan AI beautification. Tapi eh tapi, ada yang beda nih dengan layarnya, sob.

Pada A9 2020, Oppo menyematkan teknologi sunlight screen yang bisa meningkatkan tingkat kecerahan layar saat kondisi cahaya luar ruangan memiliki intensitas yang kuat. Berbeda dengan fitur auto brightness yang ada di semua ponsel, teknologi sunlight screen ini hanya menaikan brightness pada pixel yang gelap dan menurunkan pada pixel yang terang. Dengan begini, warna layar pun diklaim nggak akan kehilangan ketajamannya.

Untuk luasnya, layar A9 2020 ini membentang seluas 6,5 inci dengan screen to body ratio mencapai 89% dan sudah dilindungi dengan Gorilla Glass 3+.

Spesifikasi

Buat yang lagi nyari hape, pasti langsung skip ke kolom ini deh. Biar nggak banyak basa-basi langsung HAI bocorin aja deh nih spesifikasinya.

Untuk prosesornya, A9 2020 bergantung pada prosesor Snapdragon 665 dengan fabrikasi 11nm, RAM 8GB dan internal sebesar 128GB yang juga bisa diperluas lagi dengan microSD mencapai 256GB. Enak untuk main game nggak? Enak banget!

Dok. HAI

Ilustrasi main game dengan Oppo A9 2020

Selain dilengkapi dengan jeroan yang asik untuk main game, A9 2020 juga memiliki Game Boost 2.0 yang terdiri dari frame boost dan touch boost.

Frame boost akan memantau setiap frame pada game dan menstabilkan frame per second agar game yang kamu mainkan nggak lag. Sedangkan touch boost berperan untuk meningkatkan sensitivitas layar saat bermain game.

Untuk dayanya sendiri, A9 2020 dibekali dengan baterai yang jumbo, yaitu 5000mAh. Oppo mengklaim dengan baterai sebesar itu, ponsel ini tahan bermain game online selama 7 jam, atau 118 jam streaming. Tapi anehnya, Oppo hanya melengkapi ponsel teranyarnya ini dengan charger berdaya 10w aja.

Dok. HAI

Mencoba dual speaker yang ada di Oppo A9 2020

Yang akan membuat main game atau nonton video semakin asik adalah speaker stereo dan dukungan Dolby Atmos. Yap, A9 2020 punya dua speaker yang menembakkan suara –meskipun yang atas suaranya lebih jelek dari yang bawah, dan punya efek surrounding bak bioskop.

Harga dan ketersediaan

Oppo A9 2020 ini akan siap dijual secara offline pada tanggal 20 September 2019. Begitupula dengan yang melakukan pre-order. Barang akan dikirim pada tanggal 20 September mendatang ke rumahmu.

Untuk harganya sendiri, Oppo membanderol A9 2020 dengan harga Rp 3.999.000. Tertarik untuk beli atau nunggu Reno Ace?

Editor : Al Sobry