Berkat Google Maps, Pria yang Hilang Selama 22 Tahun Ditemukan

Senin, 16 September 2019 | 09:04
Google Maps via BBC

Gambar Google Maps yang memperlihatkan mobil milik Moldt yang tenggelam

HAI-online.com-Google Maps ternyata nggak cumabermanfaat dalam membantu ketika mengalami kesulitan menemukan jalan alias saat tersesat.

Namun, teknologi ini juga beberapa kali terbukti mampu untuk menemukan orang-orang hilang. Seperti kasus yang satu ini.

Seorang pria bernamaWilliam Earl Moldt dilaporkan telah hilang tanpa jejak sejak hampir 22 tahun silam.

Pria yangsaat itu berusia 40 tahun tersebutdikabarkan nggak pulang-pulang dari sebuah kelab malam pada tahun 1997. Polisi berusaha mencarinya, tapi tak ada hasil.

Baca Juga: Cewek Meninggal usai Kepalanya Terjepit Jendela Mobil yang Nggak Sengaja Dinaikkan oleh Sang Anak

Belakangan, nasib Moldt menjadi jelas setelah mobilnya ditemukan secaranggak sengaja oleh seorang surveyor properti yang menggunakan Google Maps untuk melihat-lihat foto satelit daerah perumahan di Wellington, Florida.

Moldt ditemukan dalam kondisi telah menjadi tulang belulang, dengan kendaraan yang ditumpanginya tersebut tenggelam di dekat sebuah kolam penampung air hujan.

Penemuan tersebut segera dilaporkan ke polisi yang kemudian mengevakuasi mobildan sisa jasad teridentifikasi positifmerupakanjasad Moldt. Pihak keluarga pun kemudian diberitahu perihal penemuan ini.

Moldt saat kejadian tampaknya kehilangan kendaliketika mengendarai mobil sehingga tercebur ke kolam.

Baca Juga: Viral Cerita Kakek Bersepeda dari Solo hingga Pasuruan Demi Kembalikan Dompet yang Ditemukannya

Google Maps via BBC

Gambar Google Maps yang memperlihatkan mobil milik Moldt yang tenggelam

Saat itu, daerah tersebut masih dibangun dan belum menjadi perumahan seperti sekarang. Kolam punnggak dipagari dengan pembatas.

Menurut Charley Project, lembaga yang mengumpulkan data-data orang hilang,nggak ada satupun warga sekitar yang menyadari bahwa ada mobil yang tenggelam di kolam tersebut.

"Kendaraan itu sebenarnya sudah terlihat jelas di foto satelit Google Earth di wilayah tersebut sejak 2007, namun tidak ada seorang pun yang menyadarinya hingga 2019," kata pihak Charley Project.

Moldt terakhir kali terlihat meninggalkan sebuah kelab malam dengan mengendarai mobilnya sekitar pukul 23.00 tanggal 7 November 1997. Dikabarkan ia nggak terlihat mabuk,tapi ia nggakpernah sampai ke rumah.

Baca Juga: Google Maps Temukan Keberadaan Kakek yang Telah Hilang Selama 9 Tahun, Tapi....

Sebelumnya, Google Maps juga berhasil menemukan jasad seorang kakek yang tewas tenggelam bersama mobilnya setelah dilaporkan hilang selama 9 tahun di Amerika Serikat.

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com, BBC

Baca Lainnya