Lagi Berada di Luar Angkasa, Astronot Ini Nggak Sengaja Telepon 911

Kamis, 29 Agustus 2019 | 20:00
Stephane Corvaja/ESA via Insider

Andre Kuipers

HAI-Online.com -Seorang astrono asal Belanda, Andre Kuipers beberapa waktu lalu bercerita soal kejadian lucu yang dia alami ketika tengah bertugas di luar angkasa, di mana dia nggak sengaja menelepon nomor panggilan darurat 911.

Dilansir dari Newsweek, kejadian ini bermula saat Kuipers berusaha untuk berkomunikasi dengan John Space Center Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) di Houston ketika dia tengah berada di luar angkasa.

Kala itu, astronot berusia 60 tahun ini harus menekan angka 9 untuk panggilan dari luar angkasa, diikuti 011 yang merupakan panggilan internasional.

Merasa kesulitan karena harus menekan nomor tersebut dalam kedaan terapung-apung, Kuipers melakukan kesalahan dan malah memencet angka 911.

Baca Juga: Anthony Mackie Konfirmasi Nggak akan Jadi Captain America Baru

"Aku membuat kesalahan. Keesokan harinya, aku menerima surel yang menanyaiku 'kamu telepon 911'," cerita Kuipers.

Lho, di luar angkasa emang bisa telepon? Bisa sob,pria yang udah menyelesaikan dua misi luar angkasa dengan total durasi 203 hari tersebut menjelaskan, astronot di stasiun luar angkasa bisa menelepon dengan memakai bantuan satelit.

Telepon tersebut biasanya digunakan para astronot untuk menghubungi sanak saudara mereka yang tengah berada di Bumi.

Namun, jeda lama yang muncul ketika mereka berkomunikasi seringkali membuat keluarga para astronot tersebut langsung menutup telepon karena nggak telepon tersebut berasal dari orang-orang iseng.

"Maka dari itu, aku biasanya langsung berbicara segera setelah terdengar nada sambung untuk menyiasatinya," tutup Kuipers.

Wah, berat juga ya sob kehidupan astronot ketika berada di luar angkasa. Kalian sendiri gimana, sampai sekarang masih ada yang punya impian jadi astronot nggak sih? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Newsweek

Baca Lainnya