Sri Asih, Superhero Indonesia Pertama yang Diadaptasi ke Layar Lebar yang Kini Filmnya Musnah

Senin, 19 Agustus 2019 | 15:30
BumiLangit

Sri Asih

HAI-Online.com - Pada Minggu (18/8) kemarin, Jagat Sinema BumiLangit telah mengumumkan siapa saja bintang yang akan memerankan sejumlah karakter superhero dalam film-film garapan mereka, di Plaza Senayan, Jakarta.

Selain mengumumkan siapa sajakah pemeran utama dalam film garapan mereka,pihaknya juga telah menentukan superhero-superhero mana saja yang nantinya akan muncul dan menghiasi Jagat Sinema BumiLangit Jilid 1, salah satunya Sri Asih yang diperankan oleh Pevita Pearce.

Meski belum mengetahui tanggal pasti Sri Asih muncul di bioskop-bioskop Indonesia, kalian pada tahu nggak sih kalau cerita dari tokoh komik ciptaan R.A. Kosasih ini sebelumnya sudah pernah diangkat ke dalam versi layar lebar?

Seperti dilansir HAI dari filmindonesia.or.id, Sri Asih menjadi film superhero Indonesia pertama yang diangkat ke dalam layar lebar, yaitu tepatnya dirilis pada tahun 1954 silam.

Baca Juga: 5 Superhero Jagat Sinema BumiLangit yang Belum Diumumkan, Kasih ke Siapa Nih Enaknya?

Disutradarai oleh Turino Djunaidy dan Tan Sing Hwar, film tersebut dibintangi nama-nama seperti Mimi Mariani, Ali Yugo, Chaidar Djafar, Sukarno M Noor, Chaidir Sakti, hingga Bas M Amin.

Kala itu, film tersebut menceritakan sosok bernama Sri Asih yang harus menyelamatkan nyawa sang ibu dalam sebuah kereta terpasang dinamit, dengan melawanpara bandit dan gerombolan Garuda Hitam.

Namun sayang, menurut informasi yang beredar, salinan serta materi promosi film "Sri Asih" versi lawas ini sudah musnah, sama seperti film-film Indonesia lawas lainnya.

Bumilangit
Bumilangit

Sri Asih

Fyi, Sri Asih sendiri merupakan seorang gadis lugu bernama Nani Wijaya yang kan berubah menjadi pahlawan super ketika dia mengucapkan kata sakti "Dewi Asih".

Kekuatan super dari Sri Asih sendiri beragam, mulai dari terbang, kebal, menggandakan diri, hingga memperbesar tubuhnya. (*)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya