Meme-meme Juara Lomba Festival Literasi Sekolah 2019 Dikriktik Netizen Karena Garing dan Ketinggalan Zaman

Kamis, 01 Agustus 2019 | 16:30
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI

Hasil Lomba Cipta Meme dalam Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 jenjang SMA

HAI-ONLINE.COM - “Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019" SMA telah ditutup pada Minggu (28/07/2019) dalam acara "Malam Apresiasi FLS 2019" di Bogor, Jawa Barat. FLS 2019 mewadahi pengembangan literasi siswa SMA melalui unjuk prestasi dalam mencipta karya seni seperti cerita pendek, syair, dan komik serta karya seni digital (meme, quotes, kinetic typography) dan narasi digital (vlog, komik web, instastory).

Lomba Cipta Meme menjadi salah satu kegiatan dalam rangkaian Festival Literasi Sekolah (FLS) 2019 untuk jenjang SMA.

Tema yang diangkat Lomba Cipta Meme tersebut adalah “Gombalindonesian”. Interprestasi terhadap kata ini menjadi tantangan tersendiri untuk menguji kreativitas peserta untuk melahirkan meme yang orisinal.

Juri FLS 2019 bidang Lomba Cipta Meme, Alvanov Zpalanzani mengatakan, kata ‘Gombalindonesian’ sebenarnya bisa dipecah ke dalam beberapa frase.

“Gombal Indonesian yang bisa diartikan orang Indonesia yang gombal, atau juga gombalin Indonesian yang artinya menggombali orang Indonesia. Interprestasinya bisa luas dan ini kembali bagaimana anak-anak mengaitkannya ke tema besarnya yaitu Indonesia romanis,” kata Alvanov di sela Lomba Cipta Meme FLS 2019 di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (27/7/2019).Wait, wait. Lomba meme? Seperti apa sih meme-meme juara dari ajang yang berlangsung selama 6 hari sejak (24-29/7/2019) tersebut diikuti 100 siswa dari seluruh Indonesia tersebut?Berikut ini adalah meme-meme juara FLS 2019:

Baca Juga: Nggak Cuma Fast & Furious: Hobbs & Shaw, Ini Daftar 14 Film di Tahun 2019 yang Juga Dibintangi Pegulat WWE1.

Meme Juara Lomba Festival Literasi Sekolah 2019 (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI)

2. 3. 4. Inilah nama-nama juaranya:

Juara 1: Mochammad Yanuar Dwianto, SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat Juara 2: Dzikrina Khusnaliani Atfan, SMAN 1 Grabag Magelang, Jawa Tengah Juara 3: Hendisman Baulolo, SMAN Unggulan Subulussalam, Aceh

Deretan meme-meme yang jadi juara tersebut dikritik netizen. Maklum, meme yang menggunakan rage face atau rage comic udah ketinggalan zaman. Belum lagi lawakan jomblo yang udah disebar Raditya Dika sejak sebelum masehi.

Kritik tersebut hadir di kolom komentar postingan akun Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang kejuaraan meme tersebut.

"Ini tahun 2019, tapi yang juara satu meme2 tahun 2012-an.Gak kebayang ntar tahun 2030 kalau ada lomba kek gini lagi, pasti juara satunya meme Me and The Boys," komentar Dimas Panji Perdana di akun Facebook Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

"segini doang kemendikbud ketawa?" tulis Rizki Nur Norman.

Selain ketinggalan zaman, banyak yang menilai meme-nya juga garing. Gimana menurut kalian?1

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya