Canggih, Lensa Kontak Futuristik Bisa Memperbesar Pandangan Cuma Pake Kedipan

Selasa, 30 Juli 2019 | 16:25
Pexels

Ilustrasi

HAI-online.com -Makin majunya jaman, teknologijuga turutberkembang pesat. Hal-hal yang mungkin dulu nggak terpikirkan, kini mulai terwujud satu per satu.

Seperti contohnya teknologi satu ini yang mungkin pernah kita saksikan saat menonton film-film fiksi ilmiah.

Para peneliti diUniversity of California, San Diego, telahmengembangkanlensa kontak yang bisa mengubah pandangan cuma berdasarkan gerakan mata.

Dengan teknologi tersebut,penggunanya bisamemperbesarpandangan mata didunia nyata, sepertiketika zoom gambar lewat smartphone.

Baca Juga: Begini Tips Bikin Password Paling Aman dari Pakar Keamanan Digital

Untuk membuatlensa canggih ini, para penelitiyang dipimpin oleh Shengqiang Cai,terinspirasi dari sinyal elektro-okulografi yang dikirim oleh mata ketika mereka bergerak ke atas, ke bawah, ke samping, serta ketika berkedip dan berkedip dua kali.

Menirukan respons ini, para peneliti mengembangkan lensa biomimetik lembut yang memicugerakansesuai dengan impuls.

Lensa baruini dapat menyesuaikan panjang fokusnya sebagai respons terhadap gerakan mata, tetapi itunggak cuma bisa digunakan oleh orang yang dapat melihat.

Tim menjelaskan bahwa itu diaktifkan oleh listrik yang dihasilkan dari gerakan mata, dan bukan penglihatan.

Baca Juga: Uang Kuliah Ludes Karena Skimming, 4 Tips Ini Cegah Kamu Jadi Korban Selanjutnya

Para ilmuwan berharap bahwa mereka akan dapat memasukkan teknologi ini ke dalam "protesa visual, kacamata yang dapat disesuaikan, dan robotika yang dioperasikan dari jarak jauh di masa depan," jadi itu bukan hanya inovasi yang keren tetapi jugauntuk masa depan yang lebih baik lagi.

Editor : Al Sobry

Sumber : CNET, Design Taxi

Baca Lainnya