10 Skill Mantap yang Bakal Didapetin Kalo Kuliah Sambil Kerja!

Selasa, 18 Juni 2019 | 20:45
iStockphoto

Freelancer.

HAI-ONLINE.COM - Kuliah sambil kerja bukan hal yang gampang sih. Tapi itu bisa membantu kalian dalam membangun jaringan profesional sedari dini. Kalian nggak bakal susah saat udah terjun dan fokus dalam dunia kerja.

Kalian bisa aja pilih kerjaan paruh waktu yang bakal mengasah keterampilan/skill, tergantung minat dan bakat kalian.

Biasanya banyak mahasiwa yang melakukan kerja paruh waktu sebagai pekerja konvensional atau berwiraswasta.

Baca Juga: Emak Siapa Nih? Viral Ibu-ibu Nyanyiin Smells Like Teen Spirit dari Nirvana

Kalo yang banyak ditemui sih mahasiswa kerja paruh waktu pada pekerjaan yang mengharuskan mereka berhadapan dengan pelanggan seperti barista, kasir, ritel dan lain-lain.

JobStreet.com yang merupakan sebuah situs informasi lowongan kerja terbesar di Indonesia, membagikan 10 keterampilan berharga yang bakal kalian dapetin kalo kalian menjalani kuliah sambil bekerja.

1. Layangan pelanggan

Nggak cuma untuk mahasiswa yang punya rencana untuk masuk ke profesi yang bakal berhadapan dengan pelanggan aja, untuk kalian yang bakal kerja di perusahaan komersial juga bakal membutuhkan keterampilan ini.

2. Komunikasi

Di sini kalian bakal punya keterampilan dalam menjaga komunikasi untuk menghindari miskomunikasi yang bakal menyebabkan kesalahan yg merugikan.

Baca Juga: Inilah 5 Jenis Komunikasi yang Bisa Bikin Kamu Diputusin Pacar

3. Akuntabilitas (Dapat Diandalkan)

Kalo kalian udah terbiasa mengelola uang tunai setiap hari secara rinci saat menjadi pekerja paruh waktu, kalian bakal ngasih kesan ke calon pemberi kerja nantinya kalo kalian bisa diandalkan dan ahli dalam urusan angka.

4. Bekerja di bawah tekanan

Dengan terbiasa bekerja di bawah tekanan, kalian bakal kebal dan nggak bakal pusing menghadapi situasi yang penuh tekanan. Kalian bisa tenang untuk tetap bisa memegang kendali sambil meredamkan situasi.

5. Pemecahan masalah yang kreatif

Dalam dunia kerja nanti, apalagi ketika kalian harus di hadapkan dengan pelanggan yang nggak puas dengan pelayanan yang kalian berikan, keterampilan ini bakal berguna banget untuk kalian bisa mengatasi masalahnya dengan tepat, cepat dan tenang.

Baca Juga: Ini 5 Kampus yang Lulusannya Paling Banyak Diterima Kerja di Go-jek

6. Branding

Saat kalian memberikan layanan freelance atau menjalankan toko online, kalian bakal sadar kalo branding punya peran yang penting banget dalam membangun basis pelanggan kalian, yang bakal menghasilkan minat pada layanan atau produk yang kalian punya.

7. Pemasaran web

Kalian bakal segera mempelajari pentingnya praktik pemasaran web yang baik seperti mengatur situs web profesional, memilih template desain yang tepat untuk menampilkan produk atau layanan kalian, memposting blog reguler dengan konten yang bermakna dan bermanfaat, dan banyak lagi.

8. Keterampilan wirausaha

Dengan menjadi bos untuk usaha sendiri, kalian bakal belajar keterampilan mendasar dalam menjalankan bisnis dari bawah ke atas.

Keterampilan ini bakal mencakup pengembangan produk dan layanan, penetapan harga, penjualan, branding dan pemasaran.

9. Manajemen ekspektasi pelanggan

Kalian nggak boleh berlebihan dalam menjanjikan sesuatu atau memberikan sesuatu yang berlebihan dari apa yang udah kalian janjikan ke pada pelanggan nantinya.

Kalian hanya harus melakukan apa yang udah jadi ketentuan dalam kerjaan kalian nantinya tanpa harus melebihkan apa-apa.

10. Manajemen waktu

Dengan memulai sebagai freelance, kalian bakal belajar banyak dalam manajemen waktu.

Baca Juga: 5 Situs Buat Lo yang Mau Cari Lowongan Freelance, Magang dan Volunteer

Freelancer atau bisnis mikro bisa jadi pilihan yang cukup baik buat kalian yang mau punya keunggulan saat mencari pekerjaan ketika lulus kuliah nanti.

Kalian nggak cuma dapatin keterampilan kewirausahaan berharga saat menjadi mahasiswa yang bekerja, tapi kalian juga bakal punya kepercayaan diri untuk datang ke dunia kerja yang nyata dengan kemampuan yang udah kalian kantongi sendiri. (*)

Penulis: Nada Aprillia

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya