Yang Perlu Lo Tahu Soal Timeline X-Men yang Ribet Pasca Dark Phoenix

Selasa, 18 Juni 2019 | 12:10
Fox

X-Men

HAI-Online.com - Installment penutup untuk saga X-Men baru aja dirilis pada 14 Juni kemarin. X-Men: Dark Phoenix yang menceritakan soal berubahnya Jean Grey (Sophie Turner) sebagai Dark Phoenix ini jadi penutup perjalanan 20 tahun X-Men universe milik 20th Century Fox.

Selama perjalanan 20 tahun ini, nggak kayak seri kebanyakan, timeline yang terbentuk di dalamnya cukup ngebingungin nih. Apalagi kalau buat fans-fans yang nggak ngikutin banget sejak awal, duh bisa pusing.

Punya total 12 film sejak tahun 1999 lalu, saga X-Men berakhir di sini pasca akuisisi Fox oleh Disney. Dan sampai saat ini, belum ada kabar lagi soal apakah saga X-Men bakal masuk ke MCU, dan dengan cara gimana.

Baca Juga: Viral Video Driver Ojol Rampas Ponsel Milik Anak Kecil di Cengkareng

Buat para fans yang emang ngikutin banget seri ini sejak awal, mungkin nggak terlalu susah untuk keep up sama storyline-nya yang emang messed up banget. Tapi buat lo yang emang nggak terlalu merhatiin, duh bisa bingung deh.

Seperti yang lo tahu, seri X-Men sendiri berawal di tahun 1999 dengan X-Men. Setelah itu diikuti sama 2 seri lainnya, adalah X2: X-Men United dan X-Men: The Last Stand yang sama-sama nyeritain soal Dark Phoenix. Selain itu ada juga spin-off soal Wolverine dengan X-Men: Origins Wolverine dan The Wolverine.

Tapi setelah itu, seri ini ngasih prequel, nyeritain masa-masa sebelum X-Men. Dimulai tepatnya pada 1962 lewat X-Men: First Class. Menceritakan soal para X-Men pertama kali ketemu dan gabung jadi sebuah tim.

Cerita prequel ini kemudian jadi semacam reboot buat seri ini. Dan timeline yang ribet banget dimulai juga dari sini. Tepatnya pada X-Men: Days of Future Past yang menyertakan cerita time travel yang akhirnya mengubah semua timeline yang ada pada seri X-Men.

Baca Juga: Diprediksi Bakal Sempurna, Film X-Men: Dark Phoenix Dapat Review Buruk dari Rotten Tomatoes

Dan time travel inilah yang kemudian jadi titik bingung banyak fans. Nih, HAI kasih gambaran ya, kalau berpacu pada timeline film originalnya dan sesuai dengan kronologi waktu, kayak gini nih timeline-nya: First Class - X-Men: Origins Wolverine - X-Men - X2 - The Last Stand - The Wolverine.

Setelah itu bakalan ada Days of Future Past. Film yang mengubah semuanya. Installment ini sendiri bakal bercerita di masa depan apokaliptik di mana para robot sentinel udah menghancurkan dunia dalam tugas mereka untuk membunuh semua mutan. Dan kejadian itu terjadi beberapa tahun pasca The Wolverine.

Dan di masa depan yang buruk itu, para mutan yang tersisa ngirim Wolverine balik ke masa lalu, tepatnya pada 1973, untuk mencegah kiamat robot untuk terjadi. Dan ia berhasil. Kejadian inilah yang kemudian jadi titik balik storyline X-Men.

Karena keberhasilan Wolverine mengubah sejarah, maka semua kejadian yang terjadi pasca 1973 pun berubah juga. Dan itu semua berbeda dari yang terjadi di timeline milik X-Men original.

Misalnya, event di Apocalypse terjadi karena keberadaan mutan yang ketauan jauh lebih awal dari timeline sebelumnya. Dan itulah yang memicu kemunculan En Sabah Nur (Oscar Isaac).

Baca Juga: Warisi Darah Soekarno, Remaja Bule Ini Ternyata Peduli Indonesia

Dan itu juga yang terjadi pada situasi Dark Phoenix-nya Jean Grey. Event di The Last Stand terjadi jauh lebih awal dan punya perubahan signifikan. Skenario Dark Phoenix jadi ikut berubah. Pada timeline original, Dark Phoenix bakal terjadi pada 2003 sementara di timeline pasca Days of Future Past ini terjadi pada 1992.

Jadi, semua yang terjadi di 3 film original X-Men udah berubah pasca Days of Future Past, alias nggak pernah kejadian. Dan sekarang urutan yang tepat adalah: First Class - tahun 1973 ke atas pasca Days of Future Past - Apocalypse - Dark Phoenix.

Gimana? Masih bingung nggak sob dengan timeline X-Men? Hahaha. Jangan khawatir, X-Men emang terkenal dengan banyak ambiguitas di berbagai lini kok. Nggak cuman timeline aja, tapi juga soal karakter, dan storyline. Berantakan!

Tapi, kayaknya emang itu udah jadi ciri khas X-Men deh, sob. Sejauh ini sih nggak jadi masalah yang berarti, selama masih bisa diikutin. Tapi ya buat lo yang baru mau ngikutin X-Men, selamat bingung ya. Silahkan menentukan mau ngikutin dari timeline yang mana.

Tuk spoiler alert, Dark Phoenix sebagai film penutup sama sekali nggak ngasih closure yang nendang buat saga ini. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : thewrap.com

Baca Lainnya