15 Hal yang Dianggap Sebagai Simbol Keberuntungan di Berbagai Negara

Jumat, 07 Juni 2019 | 17:00
Pixabay/TaniaVdB

Maneki-neko

HAI-online.com -Kalian pasti pernah tahu atau mendengar cerita tentang bagaimana suatu benda mati maupun hidup diyakinidapat membawa keberuntungan.

Di setiap negara di penjuru dunia juga meyakini hal ini, dan memiliki berbagai macamhal berbedayangtelahdianggap sebagaisimbol atau jimat untuk keberuntungan.Halini biasanyanggak lepasdari sejarah suatu negara, baikdari sisiagama, budaya, maupun identitas nasionalnya.

Nah, apa saja itu yang dianggap sebagai simbol keberuntungan?

Berikut15 di antaranya, bersamaan dengan penjelasan mengapa dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

Baca Juga: Ternyata Ini Dia Penyebab Banyak Orang Percaya Teori Konspirasi

Insider

Sisik ikan mas

Di beberapa negara di Eropa, carp atau ikan mas adalah makanan tradisional. Ketika makanan tersebut selesai disantap, orang-orang mengambil sisik ikan mas tersebut dan kadang menyimpannya dalam dompet sampai Perayaan Natal berikutnya sebagai simbol keberuntungan.

thisisinsider.com
Insider

Dala horse

Kuda ini berasal dari wilayah Dalarna di Swedia, melambangkan kekuatan, kebijaksanaan, kesetiaan, dan martabat.

thisisinsider.com
Insider

Kelelawar merah

Mereka dianggap sebagai penangkal kejahatan, jadi mereka dikenakan sebagai jimat keberuntungan. Lima kelelawar merah mewakili lima keberuntungan kesehatan, umur panjang, cinta, kekayaan, dan kebajikan.

thisisinsider.com
Insider

Lumba-lumba

Lumba-lumba sering dianggap sebagai sebuah simbol perlindungan. Pada zaman kuno, para pelaut yang menghabiskan waktu berbulan-bulan di laut menganggaplumba-lumbasebagai pertanda bahwa sudah dekat dengan sebuah daratan.

Baca Juga: Dijamin Bikin Lo Tercengang, Berikut 9 Foto Bersejarah Ngeri yang Jarang Terekspos

thisisinsider.com
Insider

Gajah

Gajah melambangkan kekuatan, stabilitas, dan kebijaksanaan di banyak negara, terutama India. Ganesha, salah satu dewa Hindu yang paling terkenal, memiliki kepala gajah.

thisisinsider.com
Insider

Figa charm

JimatFiga menangkal energi buruk dan membawa keberuntungan.Jimat ini dianggapmenyimpan semua keberuntungan yang belum pernah digunakan oleh seseorang.

thisisinsider.com
Insider

Dreamcatcher

Ketika digantung di atas tempat tidur, dreamcatcher dianggapdapat menyaring mimpi, dan menangkal mimpi-mimpi buruk.

thisisinsider.com
Insider

Hamsa

Jimatberbentuk tangan ini sering ditemukan di dekorasi rumah, ruang publik, atau kantor.Jimat yangberakar dari agama Mesopotamia kuno ini dianggapdapat mengusir mata jahat.

Baca Juga: 3 Makar Paling Besar Dalam Sejarah Dunia dan Sejarah di Baliknya

thisisinsider.com
Insider

Kumbang

Scarab atau kumbangkerap dikaitkan dengan terbitnya matahari danperlambangan kelahirandi Mesir.Dianggap mewakili ciptaan baru, kehidupan kekal, dan untuk melindungi terhadap semua kejahatan.

thisisinsider.com
Insider

Nazar

Seperti Hamsa, Nazar dianggap dapat melindungi seseorang dari mata jahat.Ini biasanya buatan tangan dengan kaca biru, putih, biru muda, dan hitam.Mereka terlihat di banyak negara, termasuk Armenia, Rumania, Albania, Afghanistan, dan Iran.

thisisinsider.com
Insider

Maneki-Neko

Patungkucing ini sering ditampilkan di pintu masuk tempat usaha dandianggap membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Memiliki ukuran dan desain yang beragam.

thisisinsider.com
Insider

Tumi

Di Peru, menggantung tumi di dinding dianggap sebagai keberuntungan.Sebuah pisau seremonial, biasanya terbuat dari perunggu, emas, perak, atau tembaga, dulunya digunakan dalam upacara ritual.

Baca Juga: 4 Kisah Tragis Bencana di Dalam Lift yang Tewaskan Banyak Manusia

thisisinsider.com
Insider

Babi

Di Jerman, memiliki babi dianggap sebagai tanda kekayaan materi dan kemakmuran selama abad pertengahan, menunjukkan bahwa pemiliknya tidak akan pernah kelaparan.

thisisinsider.com
Insider

Boneka worry

Menurut cerita rakyat, orang-orang yangsudah tidur mengungkapkan kekhawatiran merekakepada boneka-boneka ini, yang kemudian dipercayadapat mengambil kekhawatiranorangtersebut lalu dapat membuat mereka tidur.

thisisinsider.com
Insider

Acorn

Acorn dianggap sebagai simbol pemuda, pertumbuhan rohani, dan kemakmuran.Mereka telah lama dianggap sebagai simbol pertumbuhan dan kekuasaan, yang dibawa oleh Inggris selama Penaklukan Norman.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Insider

Baca Lainnya