Laptop Berisi 6 Virus Terburuk di Dunia Bakal Dilelang Rp 14 Miliar Lebih!

Selasa, 28 Mei 2019 | 18:45
Instagram/finder_studio

Laptop berisi 6 virus paling mematikan di dunia

HAI-online.com -Sebuah laptop yang berisi enam virus komputer terburuk di dunia, siap untuk dilelang dengan harga pembelian sudahlebih dari $1 juta USD.

Laptop ini ternyata adalah hasil "karya seni" ciptaanGuo O Dong, yang memberikannya judul"The Persistence of Chaos."

Saatberbincangdengan The Verge, Dong mengatakan bahwa dibalik karya itu, pada dasarnyaia ingin mengabadikanvirus-virustersebut di sebuah laptop.

Virus-virus tersebut dipilihnya berdasarkandampak buruk yang pernah ditimbulkan di masa lalu, baik dampak secaradigital maupun fisik.

Baca Juga: Mau Ganti Hape Tapi THR Kurang? Nih Rekomendasi 12 Hape Rp 2 Jutaan

"Kita mungkin pernah berpikiranbahwa hal-hal yang terjadi di komputernggak akan benar-benar mempengaruhi kita, tetapi hal ini ternyata salah," kata Dong kepada The Verge.

“Virusyang sengaja dipersenjataiuntukmemengaruhi jaringan listrik atau infrastruktur publik dapat menyebabkan kerusakan langsung.”

Laptop itu sendiri adalah laptop Samsung berukuran 10,2 inci seriNC10-14GByang rilis di tahun 2008 dan pada hard drive-nya berisi 6 virus mematikan ini:

ILOVEYOU

Virus ILOVEYOU, yang didistribusikan melalui email dan layanan berbagi file, memengaruhi 500.000+ sistem dan menyebabkan total kerusakan $15 miliar, dengan kerusakan $5,5 miliardi minggu pertamanya.

Baca Juga: Oppo K3 Resmi Dirilis dengan Harga Murah, Siap Ngalahin Realme X?

MyDoom

MyDoom, yangkabarnya dibuatoleh spammers e-mail asal Rusia, adalah salah satu worm yang paling cepat menyebar.Diperkirakan virus ini menyebabkan kerusakan $38 miliar.

SoBig

SoBig adalah worm dan trojan yang diedarkan melalui email sebagai spam virus.Malware ini dapat menyalin file, mengirim email sendiri ke orang lain, dan dapat merusak perangkat lunak/perangkat keras komputer.Malware ini menyebabkan kerusakan $37 miliar dan memengaruhi ratusan ribu PC.

WannaCry

WannaCry adalah cryptoworm ransomware sangat ganas yang juga menyebabkan backdoors pada sistem.Serangan itu memengaruhi 200.000+ komputer di 150 negara, dan menyebabkan kerusakan NHS $100 juta dengan total lebih lanjut terakumulasi mendekati $ 4 miliar.

DarkTequila

Sebuah malware canggih dan sering mengelak yang menargetkan pengguna terutama di Amerika Latin, DarkTequila mencuri kredensial bank dan data perusahaan bahkan saat offline.DarkTequila menyebabkan kerusakan hingga jutaandollarpada banyak pengguna.

Baca Juga: Instagram TV Kini Sudah Bisa Menampilkan Video Horizontal

BlackEnergy

BlackEnergy 2 menggunakan teknik rootkit/proses-injeksi yang canggih, enkripsi yang kuat, dan arsitektur modular yang dikenal sebagai "dropper".BlackEnergy digunakan dalam serangan cyber yang memicu pemadaman berskala besar di Ukraina pada Desember 2015.

Laptop"The Persistence of Chaos"tersebutsaat ini telah ditawar dengan harga$1.345.000 atau sekitar Rp 19,3 miliar dan pelelangannya bisa disaksikan secara live dithepersistenceofchaos.com

Editor : Al Sobry

Sumber : The Verge, Hypebeast

Baca Lainnya