George R. R. Martin Sebut Ending 'Game of Thrones' di Buku Bisa Beda dengan Serialnya

Kamis, 23 Mei 2019 | 16:45
Mashable

George R. R. Martin

HAI-online.com -SerialGame of Thronesakhirnya resmi berakhir setelah berjalan selama 9 tahun terakhir.

Namun,akhir dari serial fantasi yang dikerjakan oleh David Benioff dan D. B. Weiss yang mengadaptasi novel George R. R. Martin tersebut membuat sebagian penonton nggak puas dan kecewa.

Meski begitu, penggemar yang kecewanampaknya masih bisa sedikit berharap dengan ending berbeda yang mungkin akan diberikan George R. R. Martin.

Hal ini ia ungkapkanpostingan terbaru dalam blog-nya, melihat kembalisedekade terakhir, season final, serta menjawab beberapa pertanyaan umum yang iaterima dari para penggemar.

Baca Juga: Dokumenter Pembuatan Game of Thrones Season Terakhir Ditayangkan HBO

Dengan ending season final yang mendapat banyak kritikan daripara penggemarnya, Martin pun dibanjiri pertanyaan: apakah cerita di buku-bukunya nanti juga akan berakhir dengan cara yang sama seperti di serialTV?

Menanggapi pertanyaan itu, Martin pun mengatakan, “Bagaimana semuanya akan berakhir?Akumendengar banyak orang bertanya.Akhir yang sama dengan serialnya?Atau berbeda?”

"Baiklah... Jawabannya adalah ya.Dan tidak.Dan ya.Dan tidak.Dan ya.Dan tidak.Dan ya," tulis pengarang berusia 70 tahun tersebut.

Pernyataannya itu memang masih mengambang, jadiMartin menjelaskannya lebih jauh bahwa iabekerja di medium yang sangat berbeda dari David dan Dan,yanghanya punya enam jam untukseason terakhir ini.

Baca Juga: Trailer Final 'Toy Story 4' Tonjolkan Sosok Baru Duke Kaboom

"Aku berharap dua bukuku yang terakhir ini akanberisikan 3000 halaman naskah di antara mereka sebelumaku selesai ... dan jika ada lebih banyak halaman dan babserta adegan yang diperlukan,aku akan menambahkannya. "

Martin sendiri memang pernah mengkonfirmasi bahwa buku-buku itu nantinya akan berbeda dari serialnya.

Ia pun mengakhiri postingan tersebut dengan kalimat yang nyeleneh, ”Bagaimana dengan ini?Akuakan menulisnya.Kamu yang membaca. Lalu semua orang bisa menyampaikan opininya sendiri dan memperdebatkannya di internet nanti."

Dua buku tengah dikerjakannya untuk mengakhiri seri tersebut yang terdiri dari tujuh buku, di mana para penggemar nampaknya masih harus menunggu cukup lama.

Baca Juga: Review ‘Aladdin’ : Kentalnya Budaya Argrabah yang Penuh Warna

The Winds of Winter kabarnya akan segera dirilis setelah sekian lama, sebelum akhirnya diakhiri dengan buku A Dream of Spring yang entah kapan akan rilis. (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : Hypebeast

Baca Lainnya