The Power of People: Siswa Kurang Mampu Asal Gorontalo Terbantu untuk Kuliah di UI

Jumat, 29 Maret 2019 | 10:28
Twitter/shiningstarks

Abdul Wahid Wartabone

HAI-online.com - Abdul Wahid Wartabone, seorang siswa SMA Negeri 2 Gorontaloberhasilditerima di jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia lewat jalur SNMPTN 2019.

Hal ini tentu merupakan kabar bahagia dan membanggakan bagi Wahid dan keluarganya.

Namun, kabar bahagia tersebut sempat terkendala oleh kondisi ekonomi keluarga Wahid yang kurang mampu. AyahWahid hanya seorang pengemudi bentor (becak motor) dan ibunya mengurus rumah tangga.

Keadaan ini makin berat ketika iaharus melakukan daftar ulang pada tanggal 27 Maret lalu, yang jaraknyahanya beberapa hari dari ketika iamendapatkan pengumuman kelolosannya tersebut.

Baca Juga : Bukan Duit, Rektor UNY Minta Tiket Masuk Konser Dies Natalis Dibayar Pakai IPK

Ia harus menyiapkan biaya untuk tiket pulang pergi dari Gorontalo-Jakarta serta penginapan dan akomodasi yang jumlahnya nggak sedikit dalam waktu yang cukup singkat.Wahid dan keluarga pun sempat pasrah karena tak tahu dari mana bisa mendapatkan uang untuk itu.

Kemudian, Wahidberinisiatif untuk meminta bantuan kepada pihak sekolah dengan mengirimkan surat lewat e-mail, yang akhirnya menyediakan tiket pesawat pulang-pergi untuk Wahid.

Kabar tentangWahid yang membutuhkan bantuan ini didengar oleh temannya, yang kemudian menyebar sampai akhirnya viral di media sosial.

Kabar tersebut viral di Twitter ketika dibagikan oleh Susan lewat akun miliknya @shiningstarks, yang juga menyertakan informasi bagi siapa saja yang ingin berdonasi.

Baca Juga : Viral Kisah Cewek yang Dapat Ancaman usai Tegur Penumpang Jongkok dalam KRL

Donasi tersebut diinisiasi oleh Ririn Afitri Tatu, founder Komunitas Gorontalo Baik, yang juga alumni Psikologi UI 2009.

Lewat Twitter, Susan pun terus memberikanperkembangan terbarutentang informasi dan bantuanuntuk Wahid yang datang dari berbagai pihak.

Nggak cuma berupa uang, bantuan yang datang juga bermacam-macam, seperti tawaran untuk ditemani dan mengurus pendaftaran dari senior UI.

Lalu dari pihak UI yang menawarkan tempat menginap di asrama kampus, dan bahkan ada driver ojol yang menawarkan tumpangan gratis pada Wahid jika ingin mengurus segala sesuatu di UI.

Baca Juga : Viral Video Bocah SD Didepak dari Mobil oleh Perempuan yang Diduga Ibunya

Donasi untuk Wahid pun telah terkumpul lebih dari Rp 30 juta. Wahid kemudian membuka rekening sendiri agar siapa saja yang masih berkenan untuk berdonasi bisa mengirimkannya langsung.

Wahid mengucapkan terima kasih untuk semua pihak yang telah mendukungnya. Ia sendirijuga berusaha untukmencaribeasiswa untuk meringankan biaya kuliah di kampus impiannya tersebut.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya