Review 'US': Bikin Takut, Teriak dan Ketawa di Saat Bersamaan

Senin, 25 Maret 2019 | 18:35
Universal Pictures

HAI-Online.com - Beberapa tahun ini genre horor di Hollywood emang lagi bagus-bagusnya. Dipuji kritikus, laku di pasaran, dan bahkan ada yang dapat penghargaan.

Genre horor bukan lagi sekadar film yang nampilin hantu atau sosok pembunuh, tapi juga punya banyak layer di dalamnya, isu penting yang dikemas, dilengkapin sama banyak cipratan darah dan jump scares yang nggak murahan.

Jordan Peele adalah salah satu sutradara yang berperan besar dalam bangkitin genre horor. Setelah muncul dengan film debutnya di 2017 kemarin, Get Out yang bahkan dapet Oscars. Kali ini Peele muncul dengan film horor/thriller keren, Us.

Baca Juga : 5 Film Seram Tentang Teror di Dalam Rumah Yang Wajib Kita Tonton

Berbeda dengan Get Out yang bisa dibilang lebih masuk ke genre social/thriller, Peele jelas-jelas bilang kalo ini tuh horor. Dan menurut HAI sih ada sub genre slasher-nya juga. Bercerita tentang satu keluarga yang sedang liburan di Santa Cruz, California.

Ada si ibu Adelaide Wilson (Lupita Nyong'o), ayah Gabe (Winston Duke), anak Zora (Shahadi Wright Joseph), dan Jason (Evan Alex). Keluarga ini tipikal keluarga Amerika, liburan di rumah danau milik keluarga.Horor dimulai ketika pada malam hari, tiba-tiba aja ada keluarga asing yang berdiri sambil gandengan tangan di halaman rumah mereka.

Universal Pictures

Sejak opening film dimulai, gaya filmnya emang Peele banget sih. Punya banyak kemiripan sama Get Out. Dimulai dengan penjabaran base film yang santai, tapi juga perkenalan yang asik sama universe di dalamnya.

Baca Juga : Review 'Friendzone': Rasanya Kejebak 10 tahun Jadi Temen Doang

Walaupun santai, cara Peele membangun nuansa menegangkan udah dimulai sejak awal. Di awal film dibuka dengan trauma masa kecil Adelaide di taman bermain di Santa Cruz, tempat yang sama dengan mereka liburan sekarang.

Alhasil banyak banget efek trauma yang kemudian balik lagi dan mempengaruhi liburan mereka.

Cara Peele menggambarkan paranoidnya Adelaide juga asik banget. Kayak, kita udah tahu bahwa sesuatu yang buruk bakal terjadi, tinggal tunggu waktu aja kapan bakal terjadi. Itu yang bikin tegang.

Sampai si keluarga aneh itu muncul di halaman depan rumah mereka. Ternyata, keempat orang tersebut adalah doppelganger-nya keluarga Wilsons. Atau dalam film ini disebut sebagai Tether. Para Tether ini beneran kembaran dari tiap anggota keluarga, bedanya, para Tether punya kepribadian yang super nyeremin.

Serem dan lucu di saat yang bersamaan

Storyline Us emang bukan buat semua orang. Penggambaran genre horor yang cukup aneh kayak gini, dibarengin sama elemen dark comedy yang nggak bisa semua orang paham, bikin nggak semua orang bakalan paham atau bahkan suka sama film ini. HAI sendiri aja dibikin agak pusing dengan segala twist yang muncul.

Untung buat lo yang emang suka sama film yang bikin mikir, dan nggak secara gamblang jelasin storyline-nya, ini film yang cocok deh. Sepanjang film nuansa tegang nggak bakal ilang. Tapi, Peele dengan cerdasnya ngasih sentuhan dark jokes secara ngacak di beberapa kesempatan. Bikin lo bisa langsung cengengesan dan ketawa nggak jelas padahal baru aja kejadian sesuatu yang serem banget.

Storyline-nya pun khas Peele banget. Mirip kayak Get Out, ada beberapa elemen pop culture yang dijadiin reference di sini. Dan ada isu-isu tertentu yang dikemas dalam bentuk satir. Walaupun emang nggak seekplisit Get Out dengan isu rasismenya.

Intinya sih, storyline-nya asik, kok. Hati-hati aja dibikin pusing dengan banyaknya misteri di sepanjang film, dan makin pusing di ujung dengan adanya twist yang bikin HAI butuh waktu beberapa waktu buat nyerna, hehehe.

Akting yang mantap banget

Universal Pictures

Selain storyline, Us juga diisi sama cast yang gila banget. Khususnya Lupita Nyong'o, punya penampilan yang bener-bener keren. Apalagi pas lagi meranin Red, Tether-nya Adelaide, beneran bikin ngeri. Dualitas yang jadi tema utama film ini, bener-bener terlihat dalam akting Nyong'o.

Peele bener-bener bisa menunjukan kengerian lewat wajah para aktor. Kayak scene ikonik di Get Out, saat Daniel Kaluuya yang sedang dihipnotis menunjukan ekspresi ketakutan dengan mata lebar dan rahang yang membuka. Banyak banget shot kayak gini yang dilakukan Peele di Us. Bener-bener keren.

Apalagi slasher film kayak gini nggak biasanya menonjolkan kemampuan akting cast-nya, atau pembangunan karakter yang kuat. Biasanya cuman ngandelin skrip yang rapi dengan banyak darah dan jump scare. Untungnya, Peele beneran serius dalam menggambarkan para karakternya. Bahwa para Tether ini adalah bentuk dualitas dari diri kita sendiri. Bikin penonton, HAI salah satunya, jadi terikat banget.

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya