Anak Band Yang Masih Sekolah Pasti Tau Banget Suka-Duka Ini

Minggu, 24 Maret 2019 | 20:42
HAI

Band sekolah

Penulis: Aqila - MAN 2 Jakarta
HAI-online.com - Banyak banget loh band yang terbentuk dari masa SMA. Lo tauSeventeendong? Mereka dulunya berasal dari satu SMA swasta di Yogyakarta tuh. Intinya, masa SMA emang momen paling asik untuk lo berkarya. Lo bisa ketemu temen yang punya satu selera musik, dan kalo udah kebentuk band, lo bisa tiap hari ketemu sama anak band lo. Musik jadi makin mateng. Lo pun bisa ikut-ikut festival atau kompetisi tingkat SMA. Banyak pentasnya deh.
Tapi, jangan salah dulu. Jadi anak band di masa SMA itu nggak semulus yang lo kira. Banyak lika-likunya, sob. Nih gue mau cerita tentang suka duka yang biasa dialami para anak band sekolah.
Kita mulai dari dukanya dulu:

1 Susah Bagi Waktu Untuk Sekolah

Nah sulit banget nih buat anak band untuk bagi waktu sama kegiatan sekolah. Mau ikut kompetisi, keinget tugas. Abis workshop di studio, nggak bisa nongkrong dulu karena besok ulangan. Apalagi kalau anak band-nya ada yang kelas XII. Pasti ngeband ada di prioritasnya nomor 99, tuh. Kalah sama bimbel.
2. Susah cari waktu latihan
Karena setiap personil punya kehidupan dan kegiatan yang berbeda-beda jadi susah banget nih cari waktu buat latihan yang klop, ntah ada ujian ada tugas sekolah atau ada yang jalan sama pacarnya jadi ngatur waktu latihan tuh susah. Walaupun udah ditentuin juga tetep aja ada aja alasan untuk batal latihan.
Baca Juga : Ngobrol Bareng Anak SMA Yang Di-DO Karena Tawuran Mulu:
3. Waktu Main dan Jalan Bareng Keluarga Berkurang
Kalau band nya udah jadi, biasanya suka dapetjobmanggung atau agenda untuk lomba band kan? nah, itu biasanya terjadi diweekend. Kalau mau totalitas, anak band mesti menghabiskan waktu seharianfullkan sama band-nya. Waktu kumpul keluarga atau waktu untuk maingamedi rumah jadi berkurang deh.
4. Mentok berkarya karena masalah ABG
Udah pasti dong kalau ngebawain lagu pasti ada aransemennya biar ngebuat band itu lebih menarik dan lebih kreatif.Bikin aransemen lagu itu susah banget karena otak harus fokus, bersih dan kinclong. Anak SMA tuh kadang suka gampang terdistraksi. Apalagi sama urusan pacar. Kalau udah galau, jangankan aransemen lagu, diajak ngomong aja udah susah.
5. Kekurangan Uang Untuk Sewa Studio
Sudah pasti biaya studio ini terbilang cukup mahal karena sewa dihitung perjam. Kadang, kita nggak bisa minta uang tambahan ke ortu jadi mesti nyisihin uang jajan mingguan. Hasilnya, bisa latihan sejam aja udah bersyukur deh. Ya kalo udah gitu mesti akrab-akrabin diri sama si penjaga studionya biar sering dikasih lebihan waktu. Hehe.
O ya, anak band sekolah jugaharus pinter-pinter mengelola uang dan udah pasti, patungan itu sudah jadi kewajiban jadi jangan lupa setiap latihan bawa uang yaa.
Eh jangan salah sangka dulu, karena kesulitan itu lah kita bisa menghasilkan karya-karya yang keren, nah kira-kira ini nih beberapa sukacita anak band sekolah
1. Mengasah Kemampuan Bakat
Nggak ada kemampuan yang langsung bagus, semua berawal dari 0, dengan latihan terus menerus kemampuan untuk bermusik semakin terasah lama-lama semakin bagus.
Sama seperti mengikuti lomba-lomba, festival-festival semakin sering kita ikut semakin terasah kemampuan kita dan kita juga bisa belajar dari band-band lain.
2. Banyak Pengalaman
Banyak banget pengalaman yang didapetin dari ngeband, mulai dari kekeluargaan band tersebut, seneng-seneng bareng, berdiri di atas panggung menghibur para penonton, pokoknya ngeband sangat memberikan pengalaman.
3. OTW Terkenal~
Di sekolah itu, selain anak basket, anak band juga sering dianggep keren loh. Setuju dong? Apalagi kalau band lo udah pernah manggung di sekolah dan bawain lagu yang bisa bikin satu sekolah nyanyi bareng.Besokannya pasti semua personel bandnya bakal jadi omongan. Hehe
4. Banyak tambahan uang jajan
Yang satu ini pasti sangat didamba-dambakan, selain dapat mengasah kemampuan dan menambah pengalaman, dari band juga kita bisa dapat tambahan uang jajan dari hasil menang lomba atau setiap manggung
Karena itu kita juga bisa belajar mulai dari sekarang untuk bekerja berusaha mencari uang, walaupun nggak sebanding apa yang orang tua kita lakukan tapi senggaknya kita sebagai kaum muda gak cuma bisanya nyusahin orang tua doang kita juga bisa bantu orang tua, seneng kan kalau begitu rasanya.
5. Punya banyak kenalan
Selain punya banyak kenalan sesama anak band ternyata temen-temen sekolah juga semakin banyak yang kenal kita, pasti udah ada julukannya "anak band", dan setiap ada pementasan di sekolah pasti disuruh tampil, walaupun muka pas pasan eksis mah juga harus tetep. (*)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya