Kok Grande Bukan Large? Ini Alasan Ukuran Gelas di Starbucks Unik

Rabu, 21 Juni 2023 | 13:38
leapforwards.wordpress/Pandurang Yachwad

ukuran gelas starbucks

HAI-online.com -Buat penggemar kopi Starbucks atau mungkin yang suka nongkrong di gerai tersebut pasti paham soal ini. Saat memesan minuman, kitanggak mengatakan small, medium, atau large untuk mendapat ukuran yang kita inginkan.

Gerai kopi tersebut menawarkan minuman dalam ukuran ciptaan sendiri, yaknitall, grande dan venti.

Namun, banyak orangmungkin belum tahu berapa sesungguhnya ukuran tersebut, dan berapa banyak porsi minuman yang akan ia dapatkan.

Ukuran minuman Starbucks memang nampak seperti rahasia perusahaan. Berdasarkan situs resmi Starbucks, gerai minuman tersebut menyediakan minuman dalam ukuran short hingga trenta cold. Berikut penjelasannya:

Baca Juga :Berikut 6 Starbucks Terunik di Dunia, Bikin Pengen Cepet Liburan

Quora
Quora

Ukruran minuman di Starbucks

1. Short

Ukuran Starbucks ini setara dengan 236 mililiter. Menurut Bussines Insider, ini ukuran sempurna untuk cappuccino.

Ukuran ini dulunya juga ditawarkan pada papan menu. Tapi, ketika Starbucks menambah variasi ukuran, popularitas pesanan dalam ukuran ini menyusut hingga tak lagi dimasukan pada menu.

2. Tall

Tall adalah ukuran terkecil dari semua ukuran menu minuman di Starbucks yang bisa kita temukan dalam papan menu. Ukuran ini setara dengan 354 mililiter.

3. Grande

Ukuran ini tersedia untuk minuman panas dan dingin yang setara dengan 473 mililiter cairan.

Baca Juga :Starbucks Termewah di Dunia Telah Dibuka di Milan, Penampakannya Wow!

4. Venti

Ukuran venti tersedia dalam dua versi, yaitu 591 mililiter untuk minuman panas dan 709 untuk minuman dingin.

5. Trenta Cold

Ini adalah ukuran terbesar dan hanya tersedia dalam minuman dingin tertentu seperti es kopi dan cold brew. Ukuran ini setara dengan dengan 916 mililiter.

Ukuran-ukurantersebut merupakan keunikan tersendiri bagi Starbucks yang membedakannya dengan gerai lain yang menggunakan ukuransmall, medium, atau large.

Berdasarkan informasi, ini terinspirasi saat Ketua dan CEO Starbucks, Howard Schultz, melakukan perjalanan ke Italia pada tahun 1983, yang akhirnya membuka kedai kopi sendiri dengansuasana bar kopi Italia bernama Il Giornale.

Menurut penulis bernama Karen Blumenthal dalam bukunya yang berjudul Grande Expectation, Schultz ingin menyampaikan gambaran yang berbeda dan sesuatu yang jauh lebih eksotis daripada sekedar jualan kopi lewat kedai yang dirintisnya.

Karena kedai kopi yang dirintisnya dirancang dengan konsep bar kopi Italia, Schultz menginginkan nama yang berbau Italia untuk menu minuman demi mendekatkan pada kesan itu.

Baca Juga : Penjahat Ini Batal Ngerampok dan Malah Senyum Usai Melihat Isi Saldo ATM Korbannya Kosong

Oleh karenanya, ia juga menggunakan istilah yangnggak konvensional, dan cenderung bergaya Italia dalam menunya seperti macchiato, latte dan grande.

Il Giornale yang dirintisnya akhirnya berkembang menjadi franchise Starbucks seperti yang kita kenal sekarang.

Pada tahun 90-an, menunya mencantumkan tiga ukuran yaitu, short, tall dan grande.Short pada dasarnya berkorelasi dengan ukuran kecil, tall untuk ukuran medium, dan grande untuk ukuran besar.

Ukuran ventibelakangan muncul dengan takaran yang lebih banyak. Oleh karena itu, ukuran short pun digantikan tall sebagai yang terkecil. Tapi, kita masih bisa memesan ukuran short di sebagian besar lokasi Starbucks.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas.com, Reader's Digest

Baca Lainnya