Dari Kampus Naik ke Panggung Besar, Ini 7 Band Indonesia yang Lahir dari Masa Perkuliahan

Sabtu, 09 Maret 2019 | 12:10
HAI

Grrrl Gang

HAI-ONLINE.COM - Masa-masa perkuliahan nggak kalah serunya sama masa Sekolah Menengah ke Atas (SMA). Kita banyak teman-teman baru yang nggak datang dari satu daerah saja, tapi dari banyak daerah di Indonesia.

Makanya, nggak heran kalau kita juga sering nongkrong dan mencari kegiatan seru bersama saat kuliah. Mulai dari membuat organisasi kemahasiswaan hingga bikin band.

Baca Juga : Keseruan Konser Peluncuran 'agterplaas' dari The Adams dalam Foto-foto

Nah, nggak jarang, lho, band-band indie maupun major di Indonesia yang ternyata terbentuk sejak masa-masa perkuliahan.

Berikut ini ketujuh band keren Indonesia yang sudah terbentuk dan aktif sejak masa kuliah:

1. Grrrl Gang

HAI
HAI

Grrrl Gang

Grrrl Gang adalah band indie yang beranggotakan Angeeta Sentana (vokal dan gitar), Edo ALventa (gitar dan vokal), dan Akbar Rumandung (bass dan vokal). Beberapa personel mereka berasal dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan telah membentuk Grrrl Gang sejak masa perkuliahan!

Grrrl Gang memang pernah mendengar tentang keberadaan mitos kalau banyak banget band Jogja, ketika personelnya lulus kuliah, mereka bubar. Namun, Akbar mengaku, mereka nggak mau termakan dan terlena dengan mitos itu.

"Mungkin karena kita bikin band pertama kali itu based on temenan, gue rasa masalah itu nggak dipikirin sekarang. Kita lagi tur, kita mau seneng-seneng, masalah ke depan ya nanti aja. Sekarang kita lakuin apa yang kita bisa," ujar Akbar.

2. White Shoes and the Couples Company

Salah satu band indie yang ikonik di Jakarta, White Shoes and the Couples Company, juga terbentuk di sebuah kampus di Cikini, Jakarta Pusat, yakni Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Keenam personel White Shoes and the Couples Company dulunya adalah mahasiswa dan mahasiswi IKJ, dan mereka sudah terbentuk sejak masih kuliah, lho!

Mereka sudah mengharumkan nama bangsa dengan manggung di beberapa acara musik mancanegara, salah satunya SXSW di Texas, Amerika Serikat!

3. Saturday Night Karaoke

HAI
HAI

Saturday Night Karaoke

Kali ini, kita beralih ke musik punk. Yap, ada Saturday Night Karaoke yang terbentuk di Jatinangor, lebih tepatnya di kampus Universitas Padjajaran.

Ketiga personel band yang lebih akrab disingkat dengan nama SNR ini adalah lulusan Universitas Padjajaran. Mereka juga sudah terbentuk sejak masa perkuliahan.

Nggak main-main, mereka sudah dirilis oleh label-label mancanegara di beberapa negara di dunia.

Percaya nggak percaya, karya-karyanya Saturday Night Karaoke sudah terdengar sampai ke Eropa maupun Jepang. Pasalnya, band pop punk yang mempopulerkan lagu "Bam Bam Bam" itu memiliki label luar negeri yang meriliskan album-albumnya di sana!

"Ada Waterslide (label perusahaan) di Jepang, kita jadi rooster tetap mereka. Ternyata dia memang suka sama kita. Mereka juga mengajak kita untuk merilis single bareng band Jepang. Akhirnya mereka merilis album kita," jelas Prabu.

"Setelah itu, Waterslide ingin merilis album Saturday Night Karaoke tapi nggak di Jepang atau di Indonesia, namun di Eropa, tepatnya di negara Austria!" tegas Prabu.

Label rekaman dari Austria itu bernama Monster Zero Records.

4. .Feast

.Feast merupakan band rock asal Jakarta, yang mana personelnya adalah anak-anak berjaket kuning alias Universitas Indonesia. Nama mereka kini sangat ramai diperbincangkan anak muda. Nggak hanya karena musiknya yang seru untuk didengar, namun juga lirik-liriknya yang sangat kritis. Selain itu, penampilan live .Feast juga selalu ditunggu karena selalu menarik!

5. Payung Teduh

Grid.ID/Rangga Gani Satrio
Grid.ID/Rangga Gani Satrio

Payung Teduh saat ditemui Grid.ID di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (15/11/2018).

Payung Teduh, yang terkenal dengan lagunya Akad, ternyata terbentuk di kampus Universitas Indonesia, sama seperti .Feast! Mereka dibentuk oleh Is dan Comi yang senang nongkrong di kantin Fakultas Ilmu Budaya di UI!

Sebagai tambahan informasi, Payung Teduh yang kini sudah nggak bersama Is lagi, terbentuk sejak tahun 2007. Sampai saat ini, mereka masih aktif berkarya!

Baca Juga : Mari Mengenal Musik TOWR, Duo Synth Pop yang Fresh dari Jakarta!

6. The Upstairs

The Upstairs
The Upstairs

The Upstairs

Selain White Shoes and the Couples Company, ada juga band indie legendaris lainnya yang datang dari IKJ, yakni The Upstairs!

Band yang mempopulerkan lagu-lagu seperti Matraman, Antah Berantah, hingga Alexander Graham Bell ini merupakan lulusan IKJ.

Walau sudah lama berkarier di dunia musik, semangat mereka dalam bermusik terlihat nggak pernah surut. Hal itu dibuktikan pada beberapa waktu lalu, di mana Jimi Multhazam cs merilis EP terbaru, Semburat Silang Warna!

7. The Adams

Fadli Adzani
Fadli Adzani

The Adams

Lagi, lagi, dan lagi. IKJ seakan nggak pernah kehabisan "stock" band-band kerennya. Kalau tadi sudah ada White Shoes and the Couples Company dan The Upstairs, kini ada The Adams, band indie ikonik yang sangat dikenal dengan lagu-lagunya Halo Beni hingga Waiting.

Mereka baru saja merilis album ketiga mereka pada hari Rabu (6/3) kemarin, album terbaru itu diberi tajuk agterplaas.

--------------------

BACA JUGA:

--------------------

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya