Mahasiswi Pertukaran Asal Indonesia di Spanyol Meninggal Karena Gagal Jantung, Ini Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda!

Rabu, 27 Februari 2019 | 18:00
Pxphere

Jantung

HAI-ONLINE.COM - Nuriyanti Dina Kamiliya yang baru berusia 22 tahun, dilaporkan meninggal karena komplikasi akut ketika dia lagi menjalani pertukaran pelajar di Murcia, Spanyol.

Komplikasi akut yang diderita Nuriyanti Dina Kamiliya berupa gagal jantung, gagal ginjal, dan juga gagal pernafasan.

Ibu dari Nuriyanti Dina Kamiliya memberikan kesaksian kalau putrinya itu memang sempat mengalami masalah pernafasan karena cuaca dingin di Spanyol.

Bagi sebagian orang, mungkin akan bingung kenapa Nuriyanti Dina Kamiliya yang masih sangat muda, bisa mengalami gagal jantung karena biasanya penyakit ini menyerang orang yang sudah berusia lanjut.

Padahal kenyataannya, gagal jantung bisa menyerang siapa saja lho, termasuk anak muda!

Baca Juga : Nggak Kayak Marinus Wanewar, 5 Pesepakbola Ini Terbukti Palsukan Umur

Gagal Jantung Berbeda dengan Serangan Jantung

Gagal jantung dan serangan jantung ternyata berbeda, meskipun berkaitan. Jadi kalau gagal jantung itu munculnya secara tiba-tiba, nggak adanya peringatan atau tanda, dan penyebabnya adalah karena ada kerusakan dari dalam organ tubuh kita sehingga detak jantung jadi nggak teratur.

Nah, suplai darah ke organ penting dalam tubuh jadi nggak bisa dilakukan dengan baik hingga penderita akan pingsan dalam keadaan tidak adanya denyut nadi.

Sedangkan serangan jantung seperti dilansir dari laman hellosehat.com, terjadi karena ada arteri (pembuluh darah) tersumbat atau menyempeit, sehingga aliran darah ke jantung jadi menurun hingga berhenti sehingga menyebabkan serangan jantung.

Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda

Dilansir dari laman aladokter.com, gagal jantung yang menyerang usia muda disebabkan oleh penyakit jantung bawaan dan juga jantung rematik.

Tapi ada juga nih penyebab lain seperti komplikasi hipertriodisme yang nggak diterapi, komplikasi anemia berat, hemokromatis, dan juga penyakit lainnya yang berkaitan dengan rusaknya fungsi organ dalam tubuh.

Dan yang perlu kita ketahui adalah gagal jantung bukan penyakit ketururnan, karena pada dasarnya gagal jantung terjadi karena adanya komplikasi lanjutan akibat ada penyakit lain yang engga ditangani dengan baik.

Apa yang Harus Kita Lakukan Untuk Mencegah Terjadinya Gagal Jantung?

Pastinya kita harus menerapkan pola hidup sehat dulu nih, guys. Jangan lupa untuk makan buah dan sayuran serta nutrisi yang cukup buat tubuh kita.

Olahraga yang teratur juga nggak boleh kelewat. nggak perlu sering-sering tapi lakukan saja secara teratur misalnya seminggu sekali.

Dan yang paling penting, kalau kamu merasakan sakit pada tubuh kamu, harus segera diperiksa nih apa penyebabnya biar langsung terdeteksi organ mana yang bermasalah di dalam tubuh kita.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, gagal jantung terjadi karena adanya lanjutan dari komplikasi lain di dalam tubuh kita.

Jadi kalau kita merasakan sakit, jangan ragu deh langsung periksa ya biar nggak terjadi komplikasi yang bisa berujung gagal jantung. (*)

Artikel ini pertama kali tayang di Cewekbanget dengan judul "Mahasiswi Pertukaran Asal Indonesia di Spanyol Meninggal Karena Gagal Jantung. ini Penyebab Gagal Jantung di Usia Muda!"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya