Yuk, Mulai Berhenti Pakai AssistiveTouch Mulai Sekarang

Senin, 03 Desember 2018 | 10:28

HAI-Online.com- Bagi yang menggunakan iPhone atau iPad pastinya udah nggak asing lagi dengan fitur askesibilitas di iOS yang satu ini.

Selain dipercaya bisa mengurangi resiko tombol home jadi mendem, AssistiveTouch juga bikin navigasi di perangkat jadi lebih mudah.

Tapi ternyata ada pengaruh buruknya juga loh. Melansir dari MakeMac.grid.id, ini dia nih pembahasan lengkap mengenai Assistive Touch dan alasan untuk mulai berhenti menggunakannya.

Baca Juga : 24 Atlet Pelajar Terbaik Indonesia Dikirim ke Amerika Serikat

Yuk disimak!

Apa Itu AssistiveTouch?

AssistiveTouch adalah cara bantuan untuk pengganti akses Home Button dan modegesturesepertipinch,multi-finger swipe, 3D Touch atau memanggil Siri.

Biasanya pengguna umum hanya mengenal AssistiveTouch sebagai pengganti Home Button karena ini memang penggunaan AssitiveTouch yang paling sederhana.

AssistiveTouch Mulai Populer Sejak iPhone 4

Salah satu “penyakit” di iPhone 4 adalah Home Button yangnggak responsif meskipun bisa ditekan secara normal. Hal ini memang kelemahan di iPhone 4, kabarnya karena kesalahan di proses desain.

Sehingga banyak pengguna iPhone 4 yang sering menggunakan AssistiveTouch sebagai alternatif menekan Home Button. Bahkan ada juga yang hampirnggak pernah menekan Home Button, selalu menggunakan AssistiveTouch. Apakah kamu orang yang sama?

Alasan untuk Berhenti Menggunakan AssistiveTouch

Oke, mungkin ini bagian yang paling kamu tunggu. Kenapa sih harus berhenti menggunakan AssistiveTouch?

Pertama, desain Home Button yang bermasalah di iPhone 4 sudahnggak digunakan oleh Apple. Jadi mulai perangkat iPhone 4s dan seterusnya sudah tidak ada kendala Home Button yang akan menyulitkan kamu.

Kedua, Apple sudah menggunakan teknologi Taptic Engine di Home Button perangkat iPhone 7 atau yang lebih baru. Dengan teknologi ini, Home Buttonnggak lagi bergerak secara fisik namun menggunakan sensor yang menerima tekanan dan memberikan tekanan balik (seolah-olah tombol ini telah ditekan).

Alasan lain yang sangat personal bagi sebagian orang adalah tampilan AssistiveTouch akan merusak pemandangan dari Homescreen kamu. Ya, AssistiveTouch menggunakan bentuk kotak dan bulat di dalamnya yang menggunakan warna putih.

Memang sih, AssistiveTouch bisa diletakkan di tepian layar bagian mana saja atau dibuat tampil lebih tembus pandang. Namun tetap saja menurutsebagian orangtampilannya akan mengganggu pandangan, apalagi jika kamu sudah menata Homescreen dengan rapi, wallpaper cantik dan lain sebagainya.

Selain itu, pengalaman terbaik menggunakan produk iPhone adalah akses semua tombol atau bagiannya secara langsung.nggak perlu bantuan aksesibilitas kalau kamu memang bisa menyentuh layar secara normal.

Kalau Butuh, Panggil Saja

Ingin berhenti menggunakan AssitiveTouch? Silakan matikan dengan cara akses pengaturan diSettings - General - Accessibility - AssistiveTouch - OFF.

Jika ingin kembali menggunakan AssistiveTouch pada saat tertentu misalnya, gunakan pengaturan Accessibility Shortcut jika diperlukan. Akses pengaturan ini di bagianSettings - General - Accessibility - Accessibility Shortcut - AssistiveTouch. Dengan menggunakan pengaturan ini, kamu bisa menekan Home Button 3x secara berurutan untuk memanggil AssistiveTouch.

Apakah kamu termasuk pengguna iPhone yang tidak bisa lepas dari AssistiveTouch? Setelah membaca artikel ini, apakah kamu ingin berhenti menggunakan AssistiveTouch? Bagikan di kolom komentar ya! (*)

Artikel ini sebelumnya sudah tayang di makemac.grid.id "Berhenti Menggunakan AssistiveTouch Sekarang Juga"

Editor : Al Sobry

Sumber : MakeMac.com

Baca Lainnya