5 Film Hollywood untuk Mengenang Jasa Para Guru di Hari Guru Ini

Sabtu, 24 November 2018 | 12:51
Buena Vista Pictures Distribution

Dead Poets Society (1989)

HAI-Online.com -Di Indonesia, tanggal 25 November merupakan ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) yang juga diperingati sebagai Hari Guru Nasional.

Gurusering disebut dengan pahlawan tanpa tanda jasa,yang mendidikdan mengajarkan muridnya tentang banyak hal baru yang sebelumnya nggak mereka dapatkan.

Jasa dan perjuangan guruini pun juga sering diangkat menjadi film-film menarik yang inspiratif dan sarat akan pesan moral di dalamnya. Berikut 5 film tentang guru yang bisa kita tontonsembari memperingati Hari Guru.

Baca Juga : 5 Band Rock yang Butuh Dibikin Film Biopic Kayak Bohemian Rhapsody

1. Dead Poets Society (1989)

Buena Vista Pictures Distribution
Buena Vista Pictures Distribution

Dead Poets Society (1989)

Dead Poets Society mungkin adalah film tentang guru yang terkenal sepanjang masa. Bercerita tentang Professor Keating, seorang guru yang punya sifat "rebel" yang menginspirasi para siswanya untuk melihat puisi dengan perspektif yang berbedadari pengetahuan dan perasaan.

Film ini menghadirkan banyak metafora, kiasan sastra, dan quotes inspiratif. Salah satu yang paling terkenal:O Captain! My Captain!

2. Freedom Writers (2007)

Paramount Pictures
Paramount Pictures

Freedom Writers (2007)

Film ini bercerita tentang Erin Gruwell, seorang gurumuda yang berusaha untuk menginspirasi murid-murid bermasalah dengan cara mengajarkan mereka untuk membagikan cerita mereka.

Seperti kebanyakan film tentang guru, Gruwell sangat ditentang oleh guru lain, tapi diamakin bertekad untukmembuatprogram yang bagus.Penonton akan terhibursaat murid-murid belajar untuk menjadi pembaca, penulis, dan menemukan diri mereka dalam prosesnya.Ini adalah film yang sangat kuat, diproduksi dengan baik, dengan akting dan film yang sangat bagus.Anak-anak muda pasti akan suka.

3. Precious (2009)

Lionsgate
Lionsgate

Precious (2009)

Precious bercerita tentangClaireece Precious Jones, seorang gadis besar yang percaya bahwa dirinya bodoh dannggak berharga, karena ibunya yang kasar yang mengatakan hal tersebut.

Precious kemudianmenemukan harapan melalui kekuatan pendidikan yang diajarkan oleh seornag guru bernama Ms. Rain. Ini adalah film yang punya pengaruh kuatdimana sang guru memiliki peran pendukung kepada sang protagonis, yang mana adalah muridnya.

Baca Juga : 7 Karakter Ikonik di Film Hollywood Ini Hampir Diperankan Aktor Lain

4. Good Will Hunting (1997)

Miramax Films
Miramax Films

Good Will Hunting (1997)

Film favorit lain seputar guru yang ditulissendiri oleh kedua pemeran utamanya,Matt Damon dan Ben Affleck.Nggakseperti kebanyakan film tentang guru, dimana siswanya nggak tahu kalau diapintar, lalu dituntun oleh sang guru.

Sebaliknya, di film ini sang murid sudah tahu bahwa dia sangat cerdas, tetapinggakmenginginkannamanya terkenalsejalan dengan kejeniusannya.

5. The Class (2008)

Haut et Court
Haut et Court

The Class (2008)

The Class adalah film yang diangkat dari novel semi-biografi karyaFrancois Begaudeau, yang jugamemerankan dirinya sendiri sebagai guru di film.Ini adalah jenis film guru yang berbeda dari yang lainnya, dimana semuaadegan terjadi di dalam sekolah.

Meski film ini terasa seperti film dokumenter low-budget, tapi malah membuat film ini juga terasa sangat realistis dan nggak terlalu memaksakan drama di dalamnya. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya