Follow Us

Patung Tertinggi di Dunia Baru Saja Selesai Didirikan di India

Ricky Nugraha - Sabtu, 03 November 2018 | 09:19
Patung tertinggi di dunia, Statue of Unity, India
Instagram/pibindia

Patung tertinggi di dunia, Statue of Unity, India

HAI-online.com - Perdana Menteri India, Narendra Modi, baru saja meresmikan patung terbesar di dunia yang diberi nama Statue of Unity.

Dengan ketinggian 182 meter, Statue of Unity dibangun oleh Michael Graves Architecture & Design, dengan desain dari Ram V. Sutar, pematung berusia 93 tahun yang merupakan salah satu pematung monumental paling produktif sepanjang sejarah.

Patung ini menggambarkan salah satu tokoh penting dalam politik India, yaitu mendiang Sardar Vallabhbhai Patel, yang dikenal juga sebagai "Pemersatu India."

Sardar Vallabhbhai Patel adalah seorang pemimpin kemerdekaan India yang sangat penting dalam menyatukan negara yang hampir pecah tersebut.

Statue of Unity akhirnya selesai selama lima tahun pengerjaan, dan terbuat dari 18.000 ton lebih baja serta 1.700 ton perunggu.

Baca Juga : Seniman Jepang Ini Sulap 8 Adegan Kocak 'Tom and Jerry' Jadi Patung

Terletak di sisi sungai Narmada, Gujarat, pembuatan patung ini diperkirakan menghabiskan biaya hingga $ 430 juta USD atau sekitar Rp 6,4 triliun.

Semenjak selesai dibuat, patung ini telah mengalahkan ketinggian Spring Temple Budha di Cina yang sebelumnya merupakan patung tertinggi di dunia dengan ketinggian 128 meter.

Sebagai perbandingan, patung ini hampir 2 kali lebih tinggi dari Patung Liberty lengkap dengan alasnya. Jika tanpa alas, bisa 5 kali lebih tinggi dari ujung jempol hingga kepala.

"Patung tertinggi di dunia akan mengingatkan seluruh dunia, generasi masa depan, tentang keberanian, kemampuan dan resolusi dari orang yang melakukan pekerjaan suci demi menggagalkan konspirasi untuk menghancurkan India," kata Narendra Modi setelah meresmikan monumen tersebut.

"Patung itu akan mengingatkan mereka yang mempertanyakan keberadaan India, bahwa bangsa ini, adalah dan akan tetap abadi," tambahnya.

Source : The New York Times, Hypebeast

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular