Follow Us

Stephen Hawking Meramal Masa Depan Teknologi AI. Bikin Merinding.

Rizki Ramadan - Kamis, 15 Maret 2018 | 08:00
Stephen Hawking
Rizki Ramadan

Stephen Hawking

HAI-ONLINE.COM- Saat ini, dunia sedang berduka setelah meninggalnya salah satu fisikawan terbaik, Stephen Hawking yang meninggal dunia Rabu (14/3) kemarin.

Semasa hidupnya, Hawking sempat meramal beberapa teknologi dan peradaban dunia di masa depan. Salah satu yang cukup bikin merinding adalah ramalannya tentang teknologi AI yang sedang marak muncul di beberapa teknologi mutakhir satu dekade belakang.

Tahun lalu, Hawking terbilang aktif dalam menyoroti perkembangan robot dan AI. Dirinya pun meyakini, akan tiba waktu di mana AI akan sepenuhnya menjadi “makhluk” yang mengungguli bahkan menggantikan manusia.

"Saya khawatir jika AI akan menggantikan umat manusia. Jika manusia membuat virus komputer, seseorang akan merancang AI untuk memperbaiki dan mereplikasi dirinya", terang Stephen Hawking sepert yang dilaporkan Newseek.

BACA JUGA: Ini 11 Quote Keren dari Stephen Hawking. Nomor 7 Keren Buat Caption Instagram

Contoh mudahnya dari pernyataan Stephen Hawking diatas adalah Ultron di Avengers: Age of Ultron. Pada awalnya, Ultron adalah AI, mirip dengan JARVIS, hanya saja lebih canggih dan pintar. Lo pastinya tau kan apa yang terjadi ketika Ultron sepenuhnya hidup? Ya, seperti itu lah yang dimaksud Hawking.

Dalam konferensi Wen Summit Technology yang diadakan di Lisbon, Portugal pada 2017 lalu, Hawking nggak menyangkal kalau AI memiliki potensi untuk membantu mencegah kerusakan yang terjadi pada alam atau memberantas kemiskinan dan penyakit dalam setiap aspek masyarakat yang berubah.

Tapi, yang namanya masa depan kan absurd alias nggak bisa dipastikan akan seperti apa. Setuju nggak? Menurut lo gimana nih guys tentang perkembangan AI ke depannya?

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest